HOME » BERITA » MENGENAL FUNGSI ROLLER PADA MOTOR MATIK

Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matik

Berikut ini fungsi roller pada motor matik yang patut diketahui. Simak selengkapnya!

Kamis, 28 April 2022 19:30 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Fungsi Roller Pada Motor Matik
Ilustrasi perbaikan motor matik (Otosia)

OTOSIA.COM - Pada setiap kendaraan bermotor, umumnya dilengkapi dengan beberapa komponen pendukung untuk menunjang performanya. Salah satunya adalah roller, part ini membantu pergerakan motor agar lebih enak.

Untuk mengetahui fungsi lebih lanjut, artikel di bawah ini akan membahas mengenai fungsi roller. Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut adalah fungsi roller pada motor matic.

1 dari 3 Halaman

  1. Mempermudah Pergerakan Variator 

Fungsi roller yang pertama adalah untuk memudahkan variator bergerak. Variator merupakan komponen yang bekerja sebagai penggerak sepeda motor.

Apabila kondisi roller sudah tidak bulat, maka kondisi tersebut akan berpengaruh pada pergerakan variator. Hal ini dapat mengganggu perjalanan Otolovers, sebaiknya kalian mengganti part ini jika sudah tidak bulat lagi. 

2 dari 3 Halaman

  1. Menentukan Kapasitas Diameter Pulley 

Fungsi kedua dari roller adalah sebagai penentu diameter pulley. Pergerakan v belt yang berada di motor matic nantinya akan didukung  oleh perubahan diameter pulley. 

Jika tidak mengalami perubahan ukuran, maka mesin sepeda tidak mendapat daya untuk berjalan. Perubahan diameter roller bergantung pada tarikan gas maka motor akan bergerak. 

3 dari 3 Halaman

  1. Mengatur Akselerasi Motor 

Yang terakhir adalah untuk bekerja sebagai pengatur akselerasi motor agar tetap seimbang. Otolovers dapat memodifikasi roller agar mendapatkan top speed yang lebih baik, namun, pada akhirnya akan berpengaruh pada akselerasi. Apabila ingin mendapatkan akselerasi yang lebih baik, maka Otolovers harus mengganti roller dengan yang lebih ringan. 

Demikian, fungsi roller pada motor matic yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers. 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR