HOME » BERITA » MENGENAL HYUNDAI CUSTO, MPV PESAING TOYOTA INNOVA

Mengenal Hyundai Custo, MPV Pesaing Toyota Innova

Toyota Innova belum punya pesaing di Indonesia. Namun, jika MPV andalah Toyota itu dijual di China, lawan sepadannya adalah Hyundai Custo.

Sabtu, 09 Oktober 2021 16:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Mengenal Hyundai Custo, MPV Pesaing Toyota Innova
Hyundai Custo (carnewschina.com)

OTOSIA.COM - Toyota Innova menjadi salah satu MPV terlaris di Indonesia. Sejak diperkenalkan tahun 2004, praktis sampai saat ini Innova belum punya pesaing.

Lawan sepadan Innova adalah Hyundai Custo. Sayangnya mobil ini diluncurkan belum lama di China, negara yang juga tidak menjual Innova.

Melansir carnewschina.com, Jumat (8/10/2021), Hyundai Custo yang baru diperkenalkan di Tiongkok merupakan MPV 7-seater dan hanya dijual di negara ini.

1 dari 5 Halaman

Eksterior

Sisi belakang Hyundai Custo (carnewschina.com)

Secara eksterior Hyundai Custo terlihat modern. Seperti ciri khas Hyundai, Custo mengadopsi bahasa desain "Parametric Dynamics Design?. Konsep tersebut diaplikasikan pada bentuk lampu depan yang menyatu dengan grille, sedangkan lampu belakangnya menyambung dari kiri ke kanan.

Selain itu Custo menggunakan pintu belakang sliding yang memudahkan akses keluar masuk, terutama di area parkir sempit. Ada juga penggunaan pelek lima palang bermotif akar.

2 dari 5 Halaman

Di sisi lain, Toyota Innova terlihat familiar. Meski mobil tersebut sudah memasuki tahun ke-6 masa produksinya, mobil tidak terlihat termakan waktu. Hal ini bisa tercapai melalui facelift yang dilakukan Toyota pada tahun 2020 silam.

Pada penyegaran tersebut, Innova mendapatkan fascia depan baru dan pelek two tone. Namun penggunaan lampu utamanya masih sama, bahkan lampu belakang halogen bawaannya tidak berupah.

3 dari 5 Halaman

Interior

Interior Hyundai Custo (carnewschina.com)

Masuk ke dalam. Interior kedua MPV bongsor ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lantaran Hyundai Custo mengadopsi bahasa desain modern, Custo mempunyai interior yang lebih mewah dan futuristis.

Hal yang paling mencolok adalah penggunaan layar besar berukuran 10.3 inci, mirip dengan layar besar Tesla. Selain itu Hyundai juga menyematkan speedometer digital, panoramic sunroof, serta captain seat elektrik di baris ke-2.

Sementara interior Toyota Innova terlihat lebih sederhana dibandingkan. Meski secara desain tidak kalah menawan, beberapa fitur di Innova tergolong lebih konvensional. Sebagai contoh speedometer belum digital, captain seat di baris ke-2 masih manual, dan di bagian atap belum dilengkapi sunroof.

4 dari 5 Halaman

Performa dan harga

Kursi baris ke-2 Hyundai Custo (carnewschina.com)

Di China, Hyundai Custo ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah 1.500cc turbo dengan semburan tenaga sebesar 170 hp dan torsi 253 Nm. Pilihan kedua berjantung pacu 2.000cc turbo yang menghasilkan 236 hp dengan torsi 353 Nm.

Sama seperti Hyundai Custo, Toyota Innova juga hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah dapur pacu 2.000cc naturally aspirated dengan tenaga 137 hp dan torsi 190 Nm. Sementara varian kedua bermesin 2.400cc turbo diesel dengan output 147 hp dan torsi 360 Nm.

5 dari 5 Halaman

Untuk harga, Hyundai Custo dibanderol mulai dari 169.800 Yuan atau Rp 375 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.206,66). Sedangkan Custo termahal dipatok harga 218.800 Yuan atau Rp 483 juta.

Sementara di Indonesia Toyota Innova dipasarkan mulai dari Rp 321,1 juta. Untuk tipe termahal Venturer, dibanderol Rp 468,5 juta.

BERI KOMENTAR