HOME » BERITA » MENGENAL ITASHA, HIASAN KENDARAAN BERTEMA KARAKTER-KARAKTER FIKSIONAL

Mengenal Itasha, Hiasan Kendaraan Bertema Karakter-karakter Fiksional

Selasa, 11 April 2017 16:00

1. Awal Mula Kemunculan Itasha
   
Mengenal Itasha, Hiasan Kendaraan Bertema Karakter-karakter Fiksional
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Kata itasha pertama kali diambil pada tahun 1980 dan menggunakan bahasa lokal Jepang. Pada era tersebut. jalanan Tokyo dibanjiri dengan mobil-mobil impor mewah namun penuh dengan karakter warna tajam dan kental balutan grafis. Kendaraan tersebut dijuluki "Itasha". Itasha merupakan singkatan dari "Itaria-sha" yang berarti kendaraan asal Italia.

10 tahun kemudian, istilah "Itai" terinspirasi dari pembunuh berantai Tsutomu Miyazaki, yang kuat dan selalu dipuja. Pada saat itulah, istilah "Itasha" digunakan. "Itai" dalam bahasa Jepang berarti menyakitkan, dan "sha" berarti kendaraan.

 Awalnya, hiasan itasha dengan karakter favorit itu dimulai dengan memasang boneka pada mobil serta stiker dari tokoh anime favoritnya. Namun pada abad ke-21, orang-orang mulai mengenal istilah otaku (orang yang mencintai anime beserta karakter-karakternya), hingga akhirnya itasha semakin lama, semakin ramai dibicarakan.

Kini, itasha tidak hanya sekedar memasang stiker pada satu bagian body mobil, tetapi sudah bisa terpasang hingga menutupi body mobil. Pada tahun 2007, sebuah pameran mobil digelar di Ariake (Tokyo) dengan tema itasha dan berhasil menyedot banyak pengunjung. Terlebih lagi, lokasinya yang sangat dekat dengan event comic market, membuatnya banjir pelancong yang gemar dengan anime Jepang.

Selain dijadikan sebagai hobi para otaku, modifikasi itasha juga dipasang pada mobil-mobil balap Jepang, baik itu balapan dalam skala lokal atau internasional. Bahkan, tim-tim profesional dan pihak manufaktur tidak keberatan menyulap mobil balap mereka menjadi itasha. Hal itu tidak hanya sebagai sponsor, tetapi juga untuk memperbesar penggemar tim atau mempromosikan acara anime yang mereka ikuti.

Sampai sekarang, itasha sudah dikenal oleh banyak penggemar anime dan sudah tersebar luas di dunia, terutama Indonesia.

 

 







APA PENDAPAT ANDA ?

2017-9-26
detail-paging

BERITA POPULER