HOME » BERITA » #TANYAOTOSIA: JOK MOBIL DIBIKIN BERONGGA, APA SIH FUNGSINYA?

#TanyaOTOSIA: Jok Mobil Dibikin Berongga, Apa sih Fungsinya?

Fitur jok mobil berongga, atau lebih dikenal sebagai ventilated seats, merupakan fitur kenyamanan yang terbilang cocok di Indonesia.

Rabu, 11 Mei 2022 08:16 Editor : Arendra Pranayaditya
#TanyaOTOSIA: Jok Mobil Dibikin Berongga, Apa sih Fungsinya?
Ilustrasi ventilated seats (kiastinger.org)

OTOSIA.COM - Banyak brand otomotif di Indonesia kini mengandalkan fitur sebagai salah satu daya tarik sebuah kendaraan. Kumpulan fitur ini cukup beragam, mulai dari desain hingga peranti keselamatan.

Untuk fitur kenyamanan, pilihannya cukup beragam, seperti sistem audio maupun sunroof. Namun ada satu teknologi yang terbilang cocok untuk Indonesia, yakni kursi mobil berongga (ventilated seats)

Fitur ini memberikan kenyamanan optimal melalui mendinginkan area punggung dan paha, cocok untuk negara-negara tropis.

Lantas bagaimana cara kerja dari ventilated seats?

1 dari 5 Halaman

Fungsi

Ventilated seats di KIA Sonet (KIA)

Melansir dccarcare.com, proses mendinginkan tubuh melalui jok mobil terbagi menjadi dua. Pertama adalah ventilated seats dan kedua cooled seats.

Ventilated seats pada dasarnya adalah tipe sederhana dari cooled seats. Tipe ini menggunakan kipas yang diposisikan di dalam kursi. Kipas tersebut lalu mengambil udara dingin dari kabin dan disalurkan keluar melalui rongga-rongga di kursi.

2 dari 5 Halaman

Sementara cooled seats juga menggunakan kipas yang sama, namun udara yang disalurkan ke badan dibuat lebih dingin melalui proses refrigeration. Hasilnya cooled seats bisa menyemburkan udara yang lebih dingin dibandingkan ventilated seats.

Selain perbedaan temperatur, kedua peranti ini kurang lebih sama dari segi fungsi. 

Ventilated seats dan cooled seats sama-sama mempunyai keunggulan untuk mendinginkan bagian belakang tubuh, bisa meminimalisir bekas keringat dan sangat ideal untuk negara-negara tropis seperti Indonesia.

3 dari 5 Halaman

Kekurangan

Tombol ventilated seats di Hyundai Creta (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kendati demikian ventilated seats dan cooled seats mempunyai kelemahan. Lantaran menggunakan kipas, kedua varian pendingin kursi ini menimbulkan suara yang cukup berisik di beberapa model. Terlebih lagi cooled seats membutuhkan pengecekan berkala dan pengisian refrigerant.

4 dari 5 Halaman

Jika terjadi kerusakan, ventilated seats dan cooled seats sama-sama membutuhkan biaya yang tidak murah karena letak alat tersebut berada di dalam kursi.

Di Indonnesia kedua fitur ini lebih banyak ditemukan di mobil-mobil premium seperti Toyota Alphard. Namun, yang terbaru, fitur ini sudah bisa di rasakan pada Hyundai Creta yang dijual di rentang harga Rp 300-400 jutaan.

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR