HOME » BERITA » MENGENAL KENDARAAN TNI YANG DIPAKAI SEMPROTKAN DISINFEKTAN BASMI COVID-19

Mengenal Kendaraan TNI yang Dipakai Semprotkan Disinfektan Basmi COVID-19

TNI AD turut andil dalam pencegahan penularan virus Corona (COVID-19) dengan mengoperasikan mobil dan memodfikasinya menjadi mobil penyemprot disinfektan.

Kamis, 09 April 2020 09:45 Editor : Dini Arining Tyas
Mengenal Kendaraan TNI yang Dipakai Semprotkan Disinfektan Basmi COVID-19
Mobil TNI AD penyemprot disinfektan virus corona (Youtube/TNI AD)

OTOSIA.COM -

Di Indonesia, penyemprotan disinfektan untuk membasmi virus Corona (COVID-19) dilakukan menggunakan kendaraan milik Polri dan TNI. Beberapa waktu lalu bahkan mobil gas air mata milik Polri dipakai untuk menyemprot beberapa ruas jalan secara serentak di seluruh Indonesia.

Sementara itu, kendaraan milik TNI yang dipakai adalah milik matra angkatan Darat. Melansir Merdeka.com, Markas Besar Angkatan Darat melalui Direktorat Peralatan Angkatan Darat memanfaatkan kendaraan tugas sebagai alat penyemprot disinfektan.

Dirpalad, Brigjen TNI Subagyo menjelaskan, penggunaan kendaraan itu dianggap sebagai solusi yang tepat untuk pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Saya rasa tepat kalau secara praktisnya kita gunakan unit servis ini di pangkalan-pangkalan perumahan kita, di pangkalan institusi kita, kita bisa gunakan unit service ini," jelasnya, melalui video berjudul Prajurit Peralatan Angkatan Darat Memang Kreatif, yang diunggah melalui kanal YouTube TNI AD, Selasa (7/4/2020).

1 dari 2 Halaman

Modifikasi di Bengkel Dirpalad

(Youtube/TNI AD)

Subagyo pun menjelaskan asal mula mengapa kendaraan itu menjadi armada penyemprotan. Direktorat Peralatan Angkatan Darat memiliki fasilitas bengkel, sehingga bisa membantu mengatasi keseulitan rakyat.

"Saya sebagai Dirpalad, yang punya fasilitas bengkel rasanya bisa saya buat inovasi. Inovasi dengan peralatan bengkel. Fasilitas kita ini, ini adalah kendaraan L200. Berangkat dari itulah, saya berpikir perlu membantu untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekeliling kita maupun anggota kita manakala harus mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19," tuturnya

TNI AD menggunakan mobil L200 yang dialihfungsikan menjadi kendaraan penyemprot. Mobil itu dimodifkasi dengan tambahan seperti kontainer, pompa, dan spuyer.

"Inilah yang kita gunakan untuk mendukung penyiapan fasilitas, kontainer ini kita manfaatkan, apakah kontainer yang biasa pakai di kediaman di rumah untuk turun air, kita masukkan di bak kita ini, kemudian kita belikan pompa untuk tekanan supaya bisa menyemprotkan, kita belikan spuyer-spuyer kita pasang di kendaraan ini dengan media yang representatif yang cukup. Ini ada 4 spuyer, kemudian di depan juga nanti sama yang belakang juga kita siapkan, supaya medianya terkabutin tersemprot semua harapannya virus dilingkungan bisa tertutup," jelasnya.

 

2 dari 2 Halaman

Jangkau Kawasan Padat Penduduk

(Youtube/TNI AD)

Selain L200, ada Land Rover Defender dan Jimny unimog yang masing-masing juga dilengkapi dengan pompa dan tabung penyemprot berisi cairan disinfektan. Semua kendaraan yang disiapkan TNI sebagai alat penyemprot akan dipakai di seluruh wilayah Indonesia.

Menariknya, kendaraan TNI AD yang dipakai untuk menyemprot itu bisa dipakai untuk menjangkau kawasan padat penduduk. Inovasi ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Masyarakat pun merasa terbantu.

"Kalau bentuknya, bentuk mobil offroad ya. Ini yang sangat kreatif dari teman-teman Dirpalad bisa digunakan untuk penyemprotan, bukan hanya dari satu arah tapi 3 arah. Ini sangat membantu untuk wilayah yang mungkin padat ini jangkau juga bisa langsung kena," uar Sutrisno yang merupakan salah satu ketua RW 08 Palmeriam, Matraman Jakarta Timur.

BERI KOMENTAR