HOME » BERITA » MENGENAL KONSEP BRIT DYNAMIC MG, KEMEWAHAN KHAS BRITANIA RAYA

Mengenal Konsep Brit Dynamic MG, Kemewahan Khas Britania Raya

MG Motor Indonesia mengedepankan konsep Brit Dynamic pada MG ZS sebagai produk pertamanya. Lantas, apa itu Brit Dynamic?

Rabu, 22 April 2020 14:45 Editor : Cornelius Candra
Mengenal Konsep Brit Dynamic MG, Kemewahan Khas Britania Raya
Emblem Brit Dynamic MG ZS (MG Motor Indonesia)

OTOSIA.COM - Pandemi COVID-19 tak mengurungkan niat MG Motor Indonesia untuk memulai langkahnya di pasar otomotif Tanah Air. Maret lalu, mereka secara virtual merilis produk pertamanya, yakni SUV compact bernama MG ZS.

Di bagian belakang MG ZS tersemat emblem yang bertuliskan "Brit Dynamic". Ini adalah bahasa desain MG Motor yang fokus pada kualitas dari ambisi mereka untuk memberi pengalaman berkendara mobil premium.

Ada 4 hal yang menjadi poin utama dari konsep Brit Dynamic MG, yaitu desain, pengendalian, performa, dan keselamatan. Kombinasi tersebut juga menjadi standar dari semua mobil yang mereka produksi.

Begitu juga pada MG ZS yang baru saja dirilis di Indonesia pada Maret 2020 lalu. SUV compact pesaing Honda HR-V, KIA Seltos, dan Toyota C-HR ini pun mengusung konsep Brit Dynamic. Mari kita kupas lebih dalam:

1 dari 5 Halaman

Desain

Seperti telah disebut sebelumnya, desain merupakan salah satu poin utama pada konsep Brit Dynamic. Karena itu, MG ZS memiliki tampilan mewah dan elegan dengan cita rasa mobil Britania Raya, namun tetap fungsional sebagai kendaraan harian.

Di eksteriornya, MG ZS dibekali dengan LED DRL yang dipadu projector headlight. Sepasang lampu tersebut mengapit gril diamond-shape berwarna hitam berbingkai krom. Sedangkan sektor belakangnya memiliki LED-taillight minimalis yang juga terkesan elegan.

Konsep Brit Dynamic tentu juga diterjemahkan di bagian interior. MG ZS terasa elegan berkat paduan warna coklat dan hitam di jok, door-trim, serta dashboard dengan aksen krom satin. Selain itu, terpasang juga head-unit berukuran 8 inci dengan konektifitas Apple CarPlay. Kabinnya pun terasa lega lantaran terdapat panoramic-sunroof yang mendominasi atap.

Terlahir sebagai kendaraan harian, MG ZS pun didesain sepraktis mungkin. Dengan kapasitas 5 penumpang, mobil SUV compact ini masih memiliki ruang bagasi sebesar 359 liter. Jika dirasa masih kurang, bangku baris kedua bisa dilipat dan kapasitasnya bertambah menjadi 1.166 liter.

2 dari 5 Halaman

Pengendalian

MG ZS memiliki dimensi yang memang cenderung compact dengan panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 2.585 mm. Sedangkan jarak antar sumbu rodanya mencapai 2.585 mm dengan ground clearance 165 mm. Radius putarnya pun cukup sempit 5,6 m.

Di sektor kaki-kakinya terpasang suspensi depan Independent MacPherson Strut With Stabilizer. Sedangkan bagian belakangnya ditopang suspensi Torsion Beam. Untuk MG ZS Excite dibekali velg 16 inci berbalut ban 205/60-R16 dan velg 17 inci dengan ban 215/50-R17 di tipe Ignite.

MG ZS pun dilengkapi dengan Electric Power Steering Rack and Pinion (EPS) sehingga kemudinya terasa ringan tapi tetap presisi. Terpasang juga 3 mode berkendara, yaitu Comfort, Normal, dan Sports.

Dengan berbagai hal tersebut, MG ZS bisa memenuhi kebutuhan pengendara dengan beragam karakter yang berbeda. Dimensi dan radius putarnya pun membuat mobil ini dapat bermanuver dengan lincah, baik di jalan tol maupun jalanan sempit perkotaan.

3 dari 5 Halaman

Performa

Di sisi performa, MG ZS mengandalkan mesin 4-silinder inline 1.498 cc DOHC VTi-Tech. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 114 ps dengan torsi maksimum mencapai 150 Nm.

Tenaga tersebut memang bukanlah yang terbesar di kelasnya. Namun, performa ini secara angka lebih tinggi dibanding Suzuki SX4 S-Cross yang hanya 109 ps/ 138 Nm dan Nissan Juke 113 ps/ 150 Nm. Selisihnya dengan Honda HR-V 1.5 yang berdaya 120 ps dan torsi 145 Nm pun tak terlalu jauh.

Selain itu, performa MG ZS terbilang cukup jika digunakan sebagai kendaraan harian, terlebih berkat adanya mode berkendara. Pengemudi bisa membuat akselerasi mobil ini menjadi lebih responsif dengan menggunakan mode Sport.

Menariknya, mesin MG ZS dipadukan dengan tranmsisi otomatis 4-speed dengan manual-mode. Artinya, mobil ini tak hanya menawarkan kepraktisan transmisi otomatis, tapi juga kenikmatan berkenara mobil manual.

4 dari 5 Halaman

Keselamatan

Pabrikan asal Inggris yang telah dimiliki SAIC, raksasa otomotif asal China itu pun tak main-main untuk urusan keselamatan. Konstruksi MG ZS telah melakoni uji ASEAN NCAP dan mendapat nilai 4 dari 5 bintang.

Selain itu, MG ZS dibekali dengan beragam fitur Fully Integrated ESP (Electric Stability Program) dari Bosch, perusahaan teknologi asal Jerman. Di dalamnya terdapat Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Hold Control.

Sistem pengeremannya pun canggih berkat hadirnya Anti-lock Brake System (ABS), Electric Brakeforce Distribution (EBD), Brake Disc Wash, dan Emergency Brake Hazzard. Karena itu, pengendara bisa membuat MG ZS menurunkan lajunya dengan mudah dan nyaman.

Bagian kabin pun tak luput dari perhatian. MG ZS memiliki Safety-Seats dengan seat-belt 3 titik, airbag 6 titik, 4 di kabin depan dan sepasang curtain-airbag, serta Collapsible Steering Column yang membuat bagian kemudi hancur saat kecelakaan sehingga tak melukai pengendara.

5 dari 5 Halaman

Harga

Harga memang bukanlah salah satu bagian dari Brit Dynamic. Namun, harga MG ZS terbilang cukup menggiurkan dan menjadikannya sebagai SUV Compact termurah di kelasnya, sekalipun di tipe tertinggi.

Di Indonesia, harga MG ZS Excite sebagai tipe terendah mencapai Rp255,8 juta. Sedangkan varian tertingginya, MG ZS Ignite dibanderol Rp289,8 juta (OTR Jakarta).

Harga Honda HR-V 1.5L S MT sebagai varian terendah mencapai Rp297 juta. Banderol Toyota C-HR dan Mazda CX-3 jauh lebih tinggi, masing-masing Rp509,05 dan Rp464,4 juta.

Varian terendah KIA Seltos dibanderol Rp295 juta. Angka itu pun masih lebih mahal dibanding MG ZS Ignite. Sedangkan harga Nissan Juke mencapai Rp303,3 juta, Hyundai Kona Rp363,9 juta, dan Mitsubishi Outlander Sport Rp353 juta.

BERI KOMENTAR