HOME » BERITA » MENGENAL ‘KONTROL TEKNOLOGI’ BAN KOREA

Mengenal ‘Kontrol Teknologi’ Ban Korea

Ban asal Korea pun, Hankook Tire, mengembangkan berbagai kebutuhan pengemudi dengan beragam gaya berkendara. Pengembangan Hankook Tire salah satunya adalah lewat apa yang mereka namakan "Kontrol Teknologi".

Selasa, 09 April 2019 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Hankook Tire (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Ban merupakan komponen yang vital karena fungsinya menjadi penghubung antara antara mobil dan jalan. Namun banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa selain kinerja cengkeraman ban juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keselamatan, kenyamanan dan bahkan aspek ramah lingkungan dari sebuah perjalanan.

Saat ini produsen ban-ban ternama dunia sudah menerapkan teknologi canggih dalam produksinya, termasuk memperhatikan aspek lingkungan hidup.

Ban asal Korea pun, Hankook Tire, mengembangkan berbagai kebutuhan pengemudi dengan beragam gaya berkendara. Pengembangan Hankook Tire salah satunya adalah lewat apa yang mereka namakan "Kontrol Teknologi".

Sedikitnya ada empat fokus utama Kontrol Teknologi, yakni performa, keamanan, kenyamanan, dan lingkungan.

"Kontrol Teknologi adalah pembeda antara produk-produk kami dengan pabrikan ban global lainnya. Kami belajar, berinvestasi, dan berinovasi untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman untuk pelanggan dengan menerapkan Kontrol Teknologi dalam setiap aspek proses pembuatan ban," kata Jason Soo Lee, President Director, Indonesia Sales Subsidiary Hankook Tire Indonesia.

Filosofi pertama adalah performa. Jason Soo Lee menjelaskan, ban yang dibangun haruslah tahan lama dan pada saat yang sama memberikan juga kendali (handling) terbaik bahkan dalam kondisi mengemudi yang menantang.

"Ini untuk memastikan pengemudi mencapai tujuan perjalanan mereka melewati berbagai kondisi berkendara," paparnya.

Ia mencontohkan ban Ventus Prime yang menawarkan daya tahan melalui senyawa karbon khusus untuk pecinta mobil sport.

Selanjutnya adalah keamanan. Dalam industri otomotif khususnya mobil, keamanan adalah yang terpenting. Salah satunya diterapkan pada Hankook Dynapro AT-m yang diklaim menghasilkan traksi terutama pada kondisi lumpur dan salju.

Mengurangi tingkat kebisingan adalah hal berikutnya. Mengurangi tingkat kebisingan dan getaran ban akibat kontak dengan permukaan jalan, salah satunya melalui teknologi rib yang meredam kebisingan (pengurangan kebisingan) dan pengaturan pitch yang optimal untuk kenyamanan berkendara.

Terakhir adalah persoalan lingkungan. Hankook telah mengoptimalkan struktur dan material ban untuk memperkecil hambatan pada perputaran ban. Dengan mengurangi hambatan perputaran ban maka akan mengurangi tenaga yang tergunakan di saat ban berputar dan mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk berputar sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR