HOME » BERITA » MENGENAL KUNCI KONTAK KEYLESS PADA MOTOR BARU

Mengenal Kunci Kontak Keyless Pada Motor Baru

Kunci kontak Keyless ini secara umum juga disebut dengan Smart Key System. Cara kerjanya layaknya remot pada kontak mobil.

Kamis, 14 Desember 2017 10:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja kemarin 13/12 meluncurkan All New PCX 150 produksi lokal. Motor matic premium ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik. Salah satunya yakni kunci kontak canggih yang disebut dengan Keyless.

Lantas apa si, teknologi baru keamanan sepeda motor tersebut?

Sistem kontak canggih ini sebenarnya sudah diterapkan pada Honda PCX 125 produksi Thailand di tahun 2016 lalu.

Kemudian kalau untuk konteks pasar sepeda motor di Tanah Air sendiri, sistem kontak ini sudah lebih dulu diterapkan pada motor matic Yamaha Aerox dan motor sport Suzuki GSX 150.

Kunci kontak Keyless ini secara umum juga disebut dengan Smart Key System. Secara umum, cara kerjanya layaknya remote pada kontak mobil.

Namun pada sepeda motor, kunci kontak ini sudah tidak lagi dilengkapi dengan anak kunci layaknya kontak konvensional. Anak kuncinya sudah langsung menempel pada bagian kontak sepeda motor bentuknya pun seperti 'kenop'.

Untuk menyalakan dan mematikan mesin sepeda motor tinggal di putar ke arah on atau off, serta untuk menggunci setang. Khusus untuk motor matic juga untuk membuka jok.

Tapi pemutaran tersebut tidak akan berfungsi jika remote tidak berada di dekat motor. Rata-rata jaraknya direkomendasikan sekitar 1 meter.

Selain itu, tidak semua remote bisa digunakan, meski motornya sejenis. Sehingga dengan fitur tersebut motor akan lebih aman dari tindak pencurian.

(kpl/rd)

BERI KOMENTAR