HOME » BERITA » MENGENAL LEBIH DEKAT 8 BAGIAN BUSI MOTOR BESERTA FUNGSINYA

Mengenal Lebih Dekat 8 Bagian Busi Motor Beserta Fungsinya

Apakah Otolovers sudah mengetahui 8 bagian busi dan fungsinya masing-masing? Nah, berikut ulasannya

Jum'at, 29 Mei 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Lebih Dekat 8 Bagian Busi Motor Beserta Fungsinya
Ilustrasi busi (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Ada satu part sepeda motor yang sangat penting. Jika komponen satu ini bermasalah maka laju motor bisa tersendat hingga mogok. Itulah busi, kecil namun memiliki fungsi vital pada sepeda motor.

Merupakan komponen penting dalam sistem perapian motor yang berfungsi mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api untuk membakar bahan bakar dan udara.

Namun apakah Otolovers sudah mengetahui 8 bagian busi dan fungsinya masing-masing? Nah, berikut ulasannya yang dilansir dari laman Suzuki Indonesia.

1 dari 4 Halaman

1. Terminal

Bagian ini terbuat dari besi yang terletak di pucuk busi. Komponen ini sendiri terhubung dengan kabel yang berfungsi untuk mengalirkan listrik dari koil.

2. Insulator

Berikutnya adalah Insulator yang terbuat dari keramik. Fungsinya sendiri adalah untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi terisolasi. Sehingga arus tinggi dari elektroda tidak keluar.

2 dari 4 Halaman

3. Ribs

Kemudian adalah Ribs yang mempunyai bentuk menggelombang. Bentuk ini bukannya tanpa maksud, adanya lekukan pada Ribs membuat jarak elektroda inti dan ground semakin jauh. Sehingga hambatan inti besi dan ground akan makin besar.

Fungsinya, komponen ini bertugas untuk mencegah arus listrik merambat keluar komponen mesin yang bisa sebagai massa (negative).

4. Insulator Tip

Insulator Tip berada di paling ujung insulator yang mengalami pembakaran dan mampu menahan temperatur mencapai 650 derajat dan tegangan 60.000 volt. Oleh sebab itu bagian ini dibangun dengan bahan material yang tahan temperatur tinggi.

3 dari 4 Halaman

5. Gasket

Gasket berfungsi sebagai penutup agar nantinya tidak terjadi kompresi di ruang bakar. Sehingga tidak mengalir keluar.

6. Metal Case

Ada juga bagian di busi yang bernama Metal Case. Fungsinya sendiri untuk menghantarkan daya panas sebagai material konduksi yang bisa dikonduksikan ke komponen lain.

Namun ada fungsi lainnya lho Otolovers, yakni sebagai pengunci busi ke silinder head.

4 dari 4 Halaman

7. Inti Elektroda

Inti Elektroda terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan material logam lainnya. Mempunyai tugas untuk menyalurkan energi listrik dan terhubung ke terminal.

8. Ground

Terakhir adalah Ground, yang terletak di ujung busi dan bersentuhan langsung dengan bodi atau ground motor. Berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke inti elektroda. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.

BERI KOMENTAR