HOME » BERITA » MENGENAL LEBIH DEKAT 8 JENIS DUMP TRUK DAN PERBEDAANNYA

Mengenal Lebih Dekat 8 Jenis Dump Truk dan Perbedaannya

Jangan asal pilih dump truk, kenali dulu jenis-jenis dan perbedaannya

Selasa, 25 Agustus 2020 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Lebih Dekat 8 Jenis Dump Truk dan Perbedaannya
Ilustrasi truk (freightwaves.com)

OTOSIA.COM - Kendaraan berat seperti truk berguna untuk memudahkan angkut-mengangkut barang dengan bobot berat. Dengan adanya dump truk di belakang kendaraan, pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan.

Dump truk sendiri merupakan sebuah alat berat yang dipasang di bagian belakang truk dan berfungsi untuk memindahkan material pada jarak menengah sampai jauh.

Terkait memasukkan dan mengeluarkan material-material tadi, ada dua acara yang biasanya dilakukan. Pertama memakai alat bantu, seperti excavator. Kedua, bisa juga secara manual dengan tenaga manusia, seperti dipanggul lalu diletakkan di dalam dump truk.

Ternyata dump truk sendiri memiliki cukup banyak jenis lho Otolovers, paling tidak ada 8 macamnya. Ketika Otolovers hendak mencari dump truk, usahakan terlebih dahulu untuk mengetahui sederet jenisnya.

Nah, berikut ini 8 jenis dump truk yang dilansir dari Eiffeltrading.com.

1 dari 8 Halaman

Dump Truk Standar

Otosia.com

Pertama adalah dump truk standar yang bak-nya sendiri terpasang di atas sasis truk. Truk model ini biasanya juga dilengkapi dengan gandar depan dan belakang tambahan. Terkadang ditunjang juga dengan lift hidrolik vertikal untuk memudahkan dalam memuntahkan muatan keluar.

Dump truk standar biasanya memang dipasangkan ke truk dengan sumbu roda pendek. Sehingga dalam urusan manuver cukup baik. Akan tetapi beban yang dibawa pun terbatas.

Jika Otolovers mementingkan manuver ketimbang bobot, maka dump truk standar bisa menjadi pilihannya.

2 dari 8 Halaman

Dump Truk Transfer

reliancetrailer.com

Dump truk jenis transfer cukup populer di dunia konstruksi. Sebab cukup ideal untuk mengangkut aspal, kerikil, dan material lainnya. Jenis dump truk ini adalah truk standar dengan trailer terpisah. Sehingga kapasitas pengangkutan bisa bertambah, namun mengorbankan kemampuan bermanuver.

3 dari 8 Halaman

Dump Truk Semi Trailer

constructionequipment.com

Semi trailer dump truk merupakan kendaraan tiga sumbu dengan dua trailer yang terpasang. Biasanya juga dilengkapi dengan mekanisme hidrolik. Jenis dump truk ini idealnya digunakan untuk mengangkut tumpukan material secara vertikal.  

4 dari 8 Halaman

Dump Truk Double/Triple Trailer

sketchup3dconstruction.com

Jenis ini terdiri dari sebuah truk yang menarik satu single axle semi trailer dan trailer tambahan. Dump truk double/triple trailer sangat cocok untuk mengangkut material yang harus diangkut secara bersama. Hanya saja hal itu memengaruhi kemampuan manuvernya.

5 dari 8 Halaman

Dump Truk Super

oxbodies.com

Dump truk super sangat cocok untuk digunakan dalam pekerjaan berat. Bobot yang bisa diangkutnya sendiri mencapai 13.000 lbs. Ditunjang juga dengan poros belakang yang bisa digerakkan sekaligus menahan beban yang sedang dibawa.  

6 dari 8 Halaman

Dump Truk Samping

evergladesfarmequipment.com

Sesuai namanya, dump truk ini dilengkapi dengan mekanisme hidrolik yang memungkinkan untuk bisa membuang material ke arah samping, baik sisi kiri atau kanan. Keuntungannya bisa memasukkan atau membongkar muatan dengan cepat.

7 dari 8 Halaman

Dump Truk Kendaraan Musim Dingin

nsidc.org

Jenis ini memang dikhususkan untuk mengangkut es atau salju di musim dingin. Biasanya di bagian depan truk dilengkapi dengan alat pembersih material dingin tadi dari jalan.

8 dari 8 Halaman

Dump Truk Haul

Elkodaily.com

Truk Haul biasanya digunakan untuk mengangkut material di area pertambangan besar. Dengan kontruksi yang kokoh dan ditopang penggerak roda belakang, truk haul memiliki kapasitas pengangkutan yang cukup besar.

Truk haul terbesar yang pernah diproduksi, BELAZ 75710 mampu mengangkut 450 metric ton.

BERI KOMENTAR