HOME » BERITA » MENGENAL LEBIH DEKAT BRIPDA EKA YULI, TUKANG TAMBAL BAN CANTIK YANG JADI POLWAN

Mengenal Lebih Dekat Bripda Eka Yuli, Tukang Tambal Ban Cantik yang Jadi Polwan

Kisah inspiratif Bripda Eka Yuli yang jadi tukang tambal ban usai pulang bertugas

Senin, 08 Juni 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Lebih Dekat Bripda Eka Yuli, Tukang Tambal Ban Cantik yang Jadi Polwan
Tukang Tambal Ban Cantik yang Jadi Polwan. ©2020 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Keberhasilan dan sukses bisa diraih oleh siapa saja asal mau bekerja dengan keras. Seperti yang dilakukan seorang wanita tambal ban yang berhasil jadi polwan.

Perempuan cantik tersebut ialah Bripda Eka Yuli Andini. Ingin tahu sepak terjang abdi negara yang dibesarkan dari keluarga biasa-biasa saja dan menjadi tukang tambal ban? Simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari Merdeka.com.

1 dari 6 Halaman

Ayah Buruh Bengkel

Bripda Eka Yuli sejak kecil tinggal di rumah sederhana. Bersama kedua orang tuanya, mengontrak di tempat yang juga dijadikan sebagai bengkel. Eka merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Sabirin dan Darwanti.

Profesi sang ayah hanyalah buruh tukang tambal ban di Jalan Veteran, Pasar Sapi RT 2 RW 6, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Satu ruang berukuran 6 X 6 meter tersebut disulapnya menjadi beberapa sekat, supaya bisa jadi tempat tinggal dan usaha.

2 dari 6 Halaman

Ikut Tambal Ban Sejak SMP

Wanita alumni SMK Negeri 2 Salatiga jurusan Teknik Komputer tersebut sudah terbiasa membantu ayahnya sejak SMP.

Melihat orang tuanya bekerja keras mencari nafkah, hati Eka merasa terketuk untuk belajar soal perbengkelan.

Dari duduk di bangku SMP hingga sudah menjadi seorang polisi, Eka tidak malu untuk tetap membantu ayahnya di bengkel. Berangkat bertugas pukul 6.30 WIB, jika sudah waktu pulang baru berganti pakaian untuk jadi tukang tambal ban.

3 dari 6 Halaman

Dilarang Jadi Abdi Negara

Namun sebelumnya Eka sempat dilarang oleh sang ibunda untuk menjadi seorang polwan. Sabirin dan Darwanti khawatir jika niat sang anak hanya akan kuras uang dan berujung sia-sia.

Apalagi Eka sempat merasa pesimis dengan postur tubuhnya yang termasuk pendek di banding teman-temannya. Kala itu Eka memiliki tinggi badan 156 dengan berat hanya 48.

4 dari 6 Halaman

Masuk Polwan Gratis

Menjelang kelulusan, Eka mendapat motivasi dari salah seorang guru multimedia komputer bernama Mara Tilofashanti. Seusai sosialisasi penerimaan polwan dari Polresta Salatiga, dia meminta Eka untuk mencoba.

Bersama 20 temannya, Eka memberanikan diri untuk sekedar mencoba. Ternyata peruntungan kariernya ada di Secaba Polri Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lulus dari Sekolah Calon Bintara, Eka berhasil mengukir prestasi rangking tujuh dari 7.000 peserta di pendidikan kepolisian se-Indonesia.

5 dari 6 Halaman

Ingin Membelikan Rumah dan Berangkatkan Orang Tua Haji

Instagram divisihumaspolri 2020 Merdeka.com

Harapan Bripda Eka yang masih diperjuangkan hingga kini, ialah bisa membelikan rumah dan memberangkatkan kedua orang tuanya untuk haji.

Karena selama ini Eka bersama orang tua dan saudaranya masih tinggal di rumah kontrakan yang termasuk kecil.

6 dari 6 Halaman

Dukungan Para Netizen

Melansir dari akun Instagram resmi divisihumaspolri, para netizen membanjiri kolom komentar dengan untaian doa dan dukungan untuk polisi cantik Bripda Eka.

Kisah perjuangannya telah menjadi inspirasi dan tolak ukur bagi masyarakat. Keberhasilan dan menggapai cita bisa diperoleh siapa pun yang mau mencoba dan berusaha.

"Ini salah satu polisi yg baik yg saya suka,buat bripda terus berkarya, ttp semangat dan memegang amanat rakyat," tulis eflish85.

"Aminnnn. Salut buat bripda eka. Sukses selalu. Aminnnn," tulis rizkisuhendro.

"Salut banget dengan polwan ini semoga cita-citanya terkabulkan," tulis sinyo_yanua.

"Semoga terwujud Cita-citanya Menaikan Haji Orang Tua ya Mbak..," tulis araceo507.

"Semoga ini jadi pelajaran berharga untuk kita semua," tulis ferry_dh19.

"Semoga keinginanmu kepada orang tua dapat tercapai..kamu sosok wanita yang tegar dan mandiri. God Bless u," tulis 8483_james.

BERI KOMENTAR