HOME » BERITA » MENGENAL LEBIH DEKAT MOTOR LISTRIK YAMAHA E01

Mengenal Lebih Dekat Motor Listrik Yamaha E01

Yamaha sempat menghadirkan motor listrik E01 di IIMS Hybrid 2022 kemarin. Bagaimana spesifikasinya? Apakah akan dijual?

Jum'at, 22 April 2022 19:30 Editor : Arendra Pranayaditya
Mengenal Lebih Dekat Motor Listrik Yamaha E01
Yamaha E01 (rideapart.com)

OTOSIA.COM - Yamaha Motor Company (YMC) belum lama ini memperkenalkan motor listrik E01. Motor ini mengusung gaya desain layaknya skuter Maxi Yamaha, seperti NMAX. Bahkan motor ini sempat dipajang pada booth Yamaha di IIMS Hybrid 2022.

Yamaha E01 bisa disebut sebagai NMAX versi listrik, lantaran panjangnya 1.930 mm hanya lebih pendek 5 mm dari skuter Maxi itu. Sama seperti NMAX, tidak ada rongga untuk kaki depan dan bagasi motor ini masih bisa digunakan untuk menyimpan helm.

1 dari 5 Halaman

Perbedaaan paling mencolok adalah bagian styling motor ini. Yamaha E01 mengusung desain futuristis, berbeda dengan skuter matik pada umumnya.

Hal ini terwujudkan dengan penggunaan kombinasi warna hitam di bagian atas, putih di bawah dan beberapa aksen berwarna biru muda untuk mengingatkan bahwa motor ini berbasis listrik.

2 dari 5 Halaman

Performa

Baterai tanam dan motor listrik pada Yamaha E01 (rideapart.com)

Beberapa spesifkasi terkait motor ini mencakup baterai lithium ion berukuran 4.9 kWh yang ditanam fixed di tengah-tengah kerangka motor. Sementara motor listrik bawaannya menghasilkan sekitar 10.8 hp dan torsi 30.2 Nm dan didinginkan menggunakan udara.

Pasalnya motor listrik ini cukup spesial, lantaran peranti ini dikelaskan sejajar dengan kategori motor 125cc. Yamaha menjelaskan bahwa mayoritas motor listrik tidak mempunyai ukuran yang sesuai dengan segmen motor itu.

"Sudah banyak motor listrik yang tersedia untuk membuat Electric Vehicle (EV). Namun belum ada yang mempunyai ukuran sesuai untuk motor kelas 125cc. Jadi kami memutuskan untuk membuat motor listrik ini sendiri," ungkap Takuya Maruo, Engineer Project Leader YMC, dalam acara Product Briefing Yamaha E01, Kamis (21/4/2022).

3 dari 5 Halaman

Speedometer Yamaha E01 (webikeworld.com)

Yamaha mengklaim motor ini sanggup menempuh jarak sejauh 130 km yang dihitung menggunakan Worldwide Harmonised Motorcycle Emissions Certification (WMTC) Class 1. Sedangkan kecepatan maksimalnya mencapai 100 km/jam.

Selain itu penggunaan motor listrik membuat Yamaha E01 lebih sunyi dibanding motor lainnya. Pasalnya pada kecepatan 40 km/jam, motor ini sekitar 10dB lebih rendah dibanding motor lain dikelasnya.

Sebagai contoh Yamaha NMAX di kecepatan yang sama menghasilkan 68dB, sedangkan Yamaha E01 berada di angka 58dB. Untuk patokan, 60dB biasa didengar di area seperti tempat museum, restoran atau coffee shop.

4 dari 5 Halaman

Tidak dijual

Yamaha E01 di IIMS Hybrid 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Meski terbilang motor futuristis yang unik, Yamaha untuk saat ini tidak ada rencana untuk menjual E01 ke publik.

Motor ini masih dalam tahap pengembangan Proof of Concept (PoC) yang digunakan sebagai studi, terutama terkait ketahanan motor listrik dan baterainya di negara dengan jalanan dan cuaca yang bervariasi.

Maka dari itu Yamaha akan mengadakan pengetesan motor ini di enam negara dengan iklim yang berbeda, yakni Jepang, Eropa, Taiwan, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

5 dari 5 Halaman

Bagasi Yamaha E01 (rideapart.com)

"Performa dan cepatnya degradasi dari baterai mengacu pada cara penggunaan serta suhu dari negara tersebut. Dengan melakukan beragam pengetesan PoC di iklim yang berbeda, kita bisa mendapatkan berbagai wawasan," papar Yasushi Nomura, PoC Planner YMC, di kesempatan yang sama.

Untuk cara pengetesannya, Yamaha akan menyewakan sejumlah E01 kepada beragam pengguna motor, mulai dari pengguna motor biasa hingga sebagai delivery bike.

"Kita berencana melakukan pengetesan PoC ini melalui program penyewaan ke individu tersendiri, sharing bike platforms, dan Business-to-business (B2B) seperti kendaraan antar untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan masukan untuk kedepannya," tutup Yasushi.

BERI KOMENTAR