HOME » BERITA » MENGENAL LEBIH DEKAT SI BENTENG, ANGKOT BARU KOTA TANGERANG DENGAN AC BERTARIF RP2 RIBU

Mengenal Lebih Dekat Si Benteng, Angkot Baru Kota Tangerang dengan AC Bertarif Rp2 Ribu

Angkot baru Kota Tangerang dilengkapi dengan AC, tarifnya cuma Rp2 ribu

Sabtu, 09 Januari 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mengenal Lebih Dekat Si Benteng, Angkot Baru Kota Tangerang dengan AC Bertarif Rp2 Ribu
Angkot Si Benteng Tangerang. ©2021 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Pemerintah Kota Tangerang memiliki angkot baru dengan ciri khas retro. Angkot berjuluk Si Benteng itu akan siap beroperasi pada Januari 2021. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar.

Menurutnya, setelah proses penguningan plat di Samsat Kota Tangerang selesai, masyarakat bisa langsung menikmati moda transportasi baru yang memiliki empat jangkauan trayek tersebut.

"Pengerjaan penguningan plat diperkirakan berlangsung beberapa hari. Insyaallah bulan ini Si Benteng sudah mulai bisa beroperasi untuk masyarakat," ungkap Wahyudi seperti dilansir dari tangerangkota.go.id.

1 dari 4 Halaman

Empat Trayek dan Bisa Jangkau Perumahan

2021 Merdeka.com

Menurut Wahyudi, Si Benteng nantinya akan melayani empat rute yakni Taman Cibodas-Situ Bulakan, Gandasari-Gajah Tunggal, Gajah Tunggal-Kampung Ledug, dan Terminal Cimone-Pasar Lama.

Seluruh armada Si Benteng ini, lanjut Wahyudi, nantinya akan melalui jalur perumahan.

"Semuanya nanti akan melalui jalur-jalur perumahan atau permukiman saat beroperasional nanti. Tarifnya sama jauh dekat dengan Rp2 ribu saja. Untuk metodenya, akan dilakukan secara nontunai dan jam operasionalnya Si Benteng mulai 05:00 hingga 20:00 WIB setiap harinya,? jelas Wahyudi.

2 dari 4 Halaman

Memiliki Fasilitas AC

2021 Merdeka.com

Sebelum beroperasi, pihak Dishub juga telah memastikan kendaraan tersebut layak jalan melalui serangkaian pengecekan mesin hingga interior di mana semua berfungsi dengan normal.

Si Benteng diharapkan menjadi alternatif angkutan kota yang bisa membuat penggunanya nyaman, melalui fasilitas interior bagus serta adanya AC yang makin memanjakan penggunanya.

"Semua dipastikan layak jalan, dan siap melayani masyarakat Kota Tangerang. Fasilitas AC juga nyala dan siap memanjakan setiap penumpangnya. Si Benteng siap mengangkut 12 penumpang, tinggal interior luar yang harus dicuci atau di lap. Untuk kondisi Covid-19 seperti sekarang akan kita batasi penumpang sebanyak 50 persen," imbuhnya.

3 dari 4 Halaman

Dikelola Bersama

2021 Merdeka.com

Sementara itu, Direktur Utama PT TNG (Tangerang Nusantara Global), Edi Candra, mengungkapkan, PT TNG Pemkot Tangerang, sebagai pengelola bersama pemenang tender, telah melalui berbagai proses yang harus dipenuhi guna menghadirkan angkot perkotaan dengan fasilitas terbaik.

Mulai dari proses pengadaan barang, penerbitan Perda melalui Provinsi Banten, proses lelang pihak ketiga, penguningan plat melalui Polda dan Samsat, hingga melalui kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

"Jadi, untuk menghadirkan angkot perkotaan, Pemkot Tangerang memang harus melalui proses yang panjang. Melibatkan banyak pihak, tapi alhamdulillah semua proses sudah dilalui. Sekarang, tinggal hitungan hari Si Benteng bisa beroperasional," terang Edi saat ditemui di kantor PT TNG.

4 dari 4 Halaman

Lebih lanjut, Edi berharap masyarakat mau memanfaatkan dan menjaga Si Benteng bersama-sama. Supaya setiap penggunanya bisa merasa nyaman.

?Standar kelayakan dan pelayanan akan terus dipantau Dishub, seluruh masyarakat Kota Tangerang juga saya harap untuk ikut menjaga angkot Si Benteng. Tidak mencoret-coret, mengikuti aturan penumpang dan tidak merusak, sehingga saat di angkot terasa nyaman.? jelasnya.

Penulis: Nurul Diva Kautsar

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR