HOME » BERITA » MENGENAL LIGHTNING STRIKE, SEPEDA MOTOR LISTRIK DENGAN HARGA 'TERJANGKAU'

Mengenal Lightning Strike, Sepeda Motor Listrik dengan Harga 'Terjangkau'

Lightning Strike diklaim sebagai sepeda motor listrik yang harganya terjangkau. Selain itu, performa yang ditawarkan setara sportbike konvensional 1.000 cc.

Sabtu, 30 Maret 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
Lightning Strike (Electrek.co)

OTOSIA.COM - Lightning Motorcycle, pabrikan sepeda motor listrik yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat belum lama ini merilis produk teranyarnya. Motor ini bernama LS-218 atau lebih akrab disapa Lightning Strike.

Mengutip dari Electrek.co, motor itu mampu menjadi sepeda motor listrik tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal 351 km/jam. Selain itu, mereka mengklaim Lightning Strike sebagai sepeda motor listrik dengan harga yang terjangkau.

Berdasarkan sumber yang sama, LS-218 ditawarkan dalam 3 model, yaitu Strike Standard, Strike Mid Range, dan Strike Carbon Edition. Ketiganya memiliki mesin yang sama, namun dibekali baterai dan performa berbeda.

Pada Lightning Strike Standard terpasang motor listrik yang disokong baterai 10 kWh dengan jarak tempuh 113-161 km. Tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 90 hp dengan torsi 245 Nm dan dan memiliki kecepatan maksimum 217 km/jam.

Varian Lightning Strike Mid Range dibekali baterai 15 kWh. Tenaga dan torsi yang dihasilkan motor listriknya sama dengan tipe standar, namun jarak tempuhnya lebih jauh, mencapai 169-241 km.

Sedangkan Lightning Strike Carbon Edition memiliki performa tertinggi dengan tenaga 120 hp. Mesin listriknya dikawinkan dengan baterai 20 kWh sehingga jarak tempuhnya bertambah menjadi 241-322 km.

Berbagai komponen lainnya juga tidak bisa dianggap remeh. Sektor kaki-kakinya dihuni suspensi upside-down di depan dan belakang ditopang monoshock swingarm. Menariknya, kedua peredam kejut tersebut merupakan keluaran pabrikan suspensi kondang asal Swiss, Ohlins.

Suspensi tersebut dipadukan dengan ban Pirelli Supercorsa. Selain itu, roda depan Lightning Strike dikawal dual-disc brake dan di belakang terpasang single disc-brake. Ketiganya menggunakan kaliper Brembo.

Lightning Strike Standard dijual dengan harga USD12.998, sekitar Rp185 jutaan. Sedangkan Lightning Strike Mid Range dibanderol USD16.998, setara Rp242 jutaan dan Lightning Strike Carbon Edition dipatok USD19.998 atau Rp284 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.240).

Dengan harga di atas Rp100 juta sebenarnya bisa dibilang Lightning Strike tidak terlalu terjangkau. Namun, dengan nominal tersebut, performa yang ditawarkan setara dengan motor sport mesin konvensional berkapasitas 1.000 cc.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR