HOME » BERITA » MENGENAL RACING BOOT RIDER TOP DUNIA, APA SAJA FITURNYA?

Mengenal Racing Boot Rider Top Dunia, Apa Saja Fiturnya?

Salah satu perlengkapan yang harus dipunyai oleh pengendara motor jika ingin terjun di dunia motorsport adalah Racing Boot. Sepatu balap atau Racing Boot ini biasanya didesain tinggi menutupi tulang kering dan betis.

Sabtu, 16 Maret 2019 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Boot rider (Deride)

OTOSIA.COM - Perlengkapan balap adalah hal wajib yang harus dikenakan ketika terjun di arena balap. Bukan hanya menjadi keharusan bagi pembalap profesional, namun juga amatir atau mereka yang sekadar ikut fun race.

Kualitas perlengkapan balap yang baik akan meminimalisir terjadinya cidera ketika terjatuh maupun terkena gesekan aspal di sirkuit.

Salah satu perlengkapan yang harus dipunyai oleh pengendara motor jika ingin terjun di dunia motorsport adalah Racing Boot. Sepatu balap ini biasanya didesain tinggi menutupi tulang kering dan betis.

Selain itu terdapat berbagai macam fitur yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan untuk bermanuver selama balapan di samping memberikan proteksi pada kaki.

Lalu mengapa Racing Boot begitu penting dalam balapan? Jawabannya tentunya adalah perlindungan menyeluruh yang menjaga kaki pembalap agar tetap aman ketika bermanuver, terkena benturan dan gesekan.

€œBukan cuma itu, sepatu ini juga didukung oleh peletakan protektor di beberapa bagian Racing Boot,€ ujar Avant Tjen, General Manager PT Prakarsa Abadi Sentosa (Deride).

Kemudian fungsinya tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Racing Boot juga didesain untuk mengoptimalkan fleksibilitas pergerakan kaki ketika bermanuver dan aktivitas lainnya seperti pengereman dan pergantian gigi berulang-ulang selama balapan, serta menjaga sirkulasi udara di kaki tetap sempurna.

Salah satu Racing boot yang paling populer dan ikonik adalah Supertech R yang merupakan racing boots varian tertinggi yang dikeluarkan oleh Alpinestars. Racing boot ini dikembangkan berdasarkan saran dan masukan dari pembalap top dunia dari dulu sampai sekarang.

Salah satu fiturnya yang cukup unik dan berbeda dari racing boot high end merek lain, yaitu adanya bagian internal dari racing boot yang dapat dilepas dan dikeluarkan yang disebut Bio-Mechanical Ankle Brace.

Bio-Mechanical Ankle Brace merupakan lapisan internal dari racing boot yang berfungsi sebagai sistem proteksi yang memberikan pergerakan dinamis dan aman pada bagian kaki, engkel dan telapak kaki.

Fitur lainnya adalah TPU shin pad (protektor tulang kering) yang ringan dan mempunyai ventilasi untuk sirkulasi udara dan Panel Akordeon di sepanjang engkel sampai betis untuk membantu pergerakan kaki yang natural.

€œLalu dilengkapi juga Toe slider dan Heel cap yang didesain ulang untuk mengatasi benturan dan gesekan,€ terangnya.

Supertech R Racing Boot dirilis dalam 6 kombinasi warna dan juga dirilis sebagai replica racing boot pembalap-pembalap terkenal di dunia seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, Casey Stoner bahkan pembalap legenda seperti Mick Doohan.

Di Indonesia, sepatu balap yang dalam rancang bangunnya mendapat masukan dari pembalap top dunia ini sudah dipasarkan di beberapa gerai, termasuk Deride.

Racing Booth tersebut menawarkan beberapa varian warna, yakni Black Dark Gray Red Fluo, Black Red Yellow Fluo, Black Yellow Fluo White, Black, Black Red White, dan Black White Vented.

Untuk harga, Alpinestars Supertech R Racing Boot dibandrol Rp6.350.000 dan replica limited edition dijual dengan harga Rp8.900.000.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR