HOME » BERITA » MENGENAL TEKNOLOGI ADVANCED GRIP CONTROL PADA SUV

Mengenal Teknologi Advanced Grip Control Pada SUV

SUV terbaru Peugeot seperti 3008 dan 5008 telah dilengkapi teknologi Advanced Grip Control, yang berisi mode berkendara untuk beragam kondisi jalan.

Senin, 26 Oktober 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Mengenal Teknologi Advanced Grip Control Pada SUV
Fitur Advanced Grip Control SUV Peugeot (Istimewa)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu Peugeot 3008 dan 5008 SUV diperkenalkan di Indonesia. Kedua SUV andalan dari Astra Peugeot ini dibekali sejumlah fitur canggih, di antaranya teknologi menghadapi berbagai kondisi jalan berbeda, seperti tanjakan, turunan, berlumpur, hingga berpasir.

Fitur tersebut adalah Advanced Grip Control. Knob tersebut dapat mengatur kendaraan untuk beradaptasi sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui dengan 5 pilihan mode Snow, Mud, Sand, Normal, dan ESP OFF.

"Fitur Advanced Grip Control ini sangat berguna karena Indonesia memiliki kondisi jalan yang sangat beragam. Dengan fitur ini para pemilik Peugeot 3008 dan 5008 SUV di Indonesia akan dapat lebih siap di saat harus melalui kondisi jalan yang tidak terduga sebelumnya," tukas Samsudin, selaku National Technical Advisor dari Astra Peugeot.

1 dari 3 Halaman

Menurut Samsudin, fitur Snow Mode memberikan kemampuan mobil untuk beradaptasi dengan kekuatan cengkeraman dari setiap rodanya. Kondisinya, saat mobil digerakan dari kondisi statis dengan cara mengoptimisasi putaran roda agar dapat berakselerasi secara maksimal berdasarkan traksi yang tersedia.

"Di Indonesia, fitur ini berguna saat melalui kondisi jalan yang sangat terjal atau curam," katanya.

Lalu teknologi Mud Mode berguna saat mobil melewati jalan berlumpur. Fitur ini memberikan akses bagi roda dengan traksi yang paling rendah. Putaran roda yang melimpah pada saat ingin menggerakan mobil dari kondisi statis.

 

2 dari 3 Halaman

Saat di jalanan berlumpur putaran roda secara cepat pada roda bertraksi rendah tersebut membantu membuang lumpur sehingga mendapatkan traksi maksimal.

Sedangkan Sand Mode sangat berguna saat melalui jalan berpasir. Mode berkendara ini memberikan akses bagi kedua roda penggerak untuk berputar rendah namun berulang untuk menghindari roda terkurung di dalam pasir.

"Hal ini kerap terjadi bila memaksakan putaran roda secara cepat pada jalan yang dipenuhi oleh pasir," ungkapnya.

 

 

3 dari 3 Halaman

Selanjutnya Normal Mode. Mode ini memberikan sistem roda yang terkalibrasi antara satu dengan yang lain. Ini merupakan mode yang paling ideal saat melewati jalan beraspal secara umum.

Sementara pilihan berkendara ESP OFF, merupakan mode yang memutus kontrol stabilitas dinamis (ESP) dan bantuan traksi (ASR), memberikan kontrol penuh bagi pengemudi terhadap torsi yang dialirkan ke kedua roda penggerak. Hanya saja, demi keamanan fitur ini akan tersambung pada kecepatan di atas 50 km/jam.

 

BERI KOMENTAR