HOME » BERITA » MENGENAL TEKNOLOGI SHIFTCAM DI MESIN BARU BMW MOTORRAD

Mengenal Teknologi ShiftCam di Mesin Baru BMW Motorrad

Mesin baru BMW Motorrad kini dibekali teknologi Shiftcam yang memungkinkan motor untuk memiliki 2 karakter berbeda dalam 1 mesin.

Senin, 24 September 2018 15:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: BMW Motorrad

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, BMW Motorrad memperkenalkan mesin 2-silinder boxer terbarunya. Dapur pacu tersebut telah disematkan pada 2 produk andalannya, yaitu motor touring BMW R1250RT dan primadona pecinta dual-sport, BMW R1250GS.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Youtube resminya, mesin baru BMW Motorrad ini dibekali teknologi Shiftcam. Fitur ini mampu memberikan 2 karakter berbeda dalam 1 mesin.

BMW R1250RT

Konsepnya sebenarnya cukup sederhana. Teknologi ShiftCam menggunakan camshaft yang memiliki 2 tonjolan berbeda dan shift-gate.

Tonjolan yang lebih kecil akan memberikan karakter mesin yang lembut, akselerasi yang tidak terlalu menghentak, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

BMW R1250GS

Sementara itu, tonjolan lainnya menciptakan ruang yang lebih besar antara katup dengan piston. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar dan akselerasinya lebih responsif.

Teknologi ShiftCam dibuat supaya pengendara motor yang menggunakan mesin baru dapat merasakan motor yang lembut dan nyaman di jalanan aspal, namun tetap liar dan bertenaga ketika melibas medan off-road.

Supaya lebih paham, simak videonya di bawah ini:

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR