HOME » BERITA » MENGENAL TOYOTA CORONA, CIKAL BAKAL CAMRY YANG KERAP JADI MOBIL PEJABAT

Mengenal Toyota Corona, Cikal Bakal Camry yang Kerap Jadi Mobil Pejabat

Toyota Camry menjadi penerus Toyota Corona dan Toyota Corona Absolute sejak tahun 1980-an.

Senin, 27 Januari 2020 15:36 Editor : Dini Arining Tyas
Mengenal Toyota Corona, Cikal Bakal Camry yang Kerap Jadi Mobil Pejabat
Toyota Corona 1966 versi Eropa (Response.jp)

OTOSIA.COM - Sedan mewah Toyota yang kerap dipakai pejabat dan orang berduit salah satunya yakni Camry. Taukah kamu, pendahulu Toyota Camry adalah Toyota Corona?

Nama mobil tersebut terdengar tak asing bukan Otolovers? Selain mirip dengan nama virus mematikan dari Wuhan, China, Toyota Corona memang pernah beredar di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Di beberapa pasar lain, mobil Corona ini juga dinamai Carina, tapi bukan Carina asli yang di Jepang.

Menurut Mobil88, Toyota Camry merupakan generasi penerus dari Toyota Corona yang setingkat lebih mewah dari Toyota Corolla. Kala itu Toyota Corona juga merupkan rival berat Honda Accord.

1 dari 3 Halaman

Penerus Toyota Corona

Toyota Camry 1983 (Toyota via Caranddriver.com)

Toyota Camry sendiri pertama kali muncul pada tahun 1082. Nama Camry diambil dari Celica Camry, yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina yang dijual di Jepag pada tahun 1980 hingga 1982.

Nah, saat pertama kali muncul, penerus mobil Corona itu berbentuk kotak mengikuti tren kala itu. Mobil sedan 5-pintu itu dibekali dua pilihan mesin, yakni bensin 1.0L bertenaga 91 hp dan diesel 2.0L bertenaga 2.0 L. Sementara di pasar Amerika, Camry juga ditawarkan dalam dua tipe, standard dan LE.

2 dari 3 Halaman

Pengganti Toyota Corona Absolute

Toyota Camry generasi keempat (Toyota via Caranddriver.com)

Sedangkan, Toyota Corona juga memiliki tipe lain yakni Toyota Corona Absolute. Toyota Camry generasi keempat yang hadir pada tahun 1997-2001 itu lantas menjadi penerusnya.

Beberapa perubahan disematkan untuk Camry, termasuk soal desain dan fitur keselamatannya. Di pasar Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, lampu depan dan gril pengganti Toyota Corona Absolute ini lebih besar, jika dibandingkan dengan model yang dipasarkan di Amerika, Jepang, Australia, dan Eropa.

3 dari 3 Halaman

Generasi keempat Toyota Camry itu juga menjadi yang penutup sepak terjang Camry di pasar Eropa. Sedangkan di Indonesia, sebagai pengganti Toyota Corona Absolute, Camry ditawarkan dalam dua versi.

Versi pertama Camry generasi keempat ditawarkan dengan mesin 2.2 GLX transmisi manual. Sedangkan versi kedua pengganti mobil Corona Absolute ini dibekali mesin V6 3.0 Grande transmisi otomatis.

BERI KOMENTAR