HOME » BERITA » MENGENAL WAJAH MITSUBISHI TRITON LINTAS GENERASI

Mengenal Wajah Mitsubishi Triton Lintas Generasi

Mitsubishi Triton pertama kali beredar dengan nama Mitsubishi Forte pada 40 tahun silam.

Rabu, 19 September 2018 14:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Mitsubishi

OTOSIA.COM - Tahun 1978 atau atau tepatnya 40 tahun lalu Mitsubishi menghadirkan pick up 1 ton Mitsubishi. Kendaraan tersebut adalah sebuah pick up yang mampu menempuh semua jenis medan. Model pertama dinamakan dengan Forte, sementara di beberapa pasar ekspor menggunakan nama lain seperti L200 yang masih digunakan hingga saat ini.

Pada tahap berikutnya Mitsubishi Motors membangun warisan four-wheel-drive dengan menambahkan versi 4x4 pada tahun 1980. Model ini menjadi fondasi bagi kendaraan 4WD Mitsubishi saat ini, seperti Pajero/Montero dan Delica.

Mitsubishi Triton generasi pertama

Model pick up Forte kemudian berganti nama menjadi Triton. Platform generasi pertama dan kedua diproduksi di Pabrik Ohe Mitsubishi Motors. Sejak generasi ketiga yang hadir pada 1995, produksi model ini dipusatkan di Pabrik Laem Chabang di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia. Pabrik ini merupakan pabrik terbesar Mitsubishi Motors saat ini dengan kapasitas produksi sekitar 400.000 kendaraan.

Sejak awal, Forte dirancang untuk menghadirkan moda transportasi yang tangguh dan dapat diandalkan untuk penumpang dan angkutan barang.

Truk pick up ini diperkenalkan di Jepang dan diekspor dengan nama Mitsubisi Truck dan L200. Model ini hanya tersedia dalam pilihan single cabin. Ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter, dengan pilihan mesin 2.6 liter untuk pasar Amerika Utara dan 1.6 liter untuk pasar Jepang dan region lain. Pilihan mesin diesel 2.3 liter juga tersedia untuk pasar ekspor umum.

Mitsubishi Triton generasi kedua

Pada Oktober 1980 digunakan sistem 4WD part-time, lalu pada generasi kedua Maret 1986 terjadi pergantian model total. Tiga tipe variasi bodi diperkenalkan, yakni Single Cab, Club Cab, dan Double Cab dengan pilihan bodi pendek dan panjang untuk Single Cab. Pilihan penggerak 2WD dan 4WD tersedia dengan pilihan mesin bensin 2.0 liter, bensin 2.6 liter, dan diesel 2.5 liter (meningkat dari 2.3 liter).

Lalu pada Mei 1991Mitsubishi memperkenalkan nama baru Strada untuk pasar Jepang khusus Double Cab.

Mitsubishi Triton generasi ketiga

Masuk generasi ketiga, tepatnya November 1995, Mitsubishi menelurkan model pick up baru L200 Strada yang diperkenalkan di Thailand. Dibuat di pabrik MSC Laem Chabang model ini hadir dalam tiga variasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab, dan Double Cab untuk ekspor. Menggunakan mesin diesel 2.5 liter atau 2.8 liter dengan mekanisme 4WD yang dilengkapi dengan sistem "Easy Select 4WD".

Selanjutnya genarasi keempat hadir di bulan Agustus tahun 2005 dengan diperkenalkannya pick up Triton baru di Thailand. Pick up ini punya konfigurasi tiga bodi yaitu Single Cab, Club Cab dan Double Cab. Semuanya ditenagai oleh mesin diesel common-rail, pengembangan terbaru 2.5 liter dan 3.2 liter. Tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD yang dilengkapi dengan sistem "Easy Select 4WD" atau "Super Select 4WD".

Mitsubishi Triton generasi keempat

Model ini diekspor ke 150 negara, dan menjadi model penting bagi strategi global Mitsubishi Motors. Triton/L200 dikembangkan dengan tiga fitur utama. Pertama, kendaraan ini harus melampaui persyaratan performa sebuah truk pick up seperti nilai ekonomis, kuat, dan dapat diandalkan. Kedua, harus memiliki standar kualitas tertinggi guna memperkuat merek dalam skala global. Dan terakhir, harus memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat beragam, tidak hanya menjadi kendaraan komersial saja.

Total sekitar 1.423.000 Triton/L200 generasi keempat diproduksi. Fitur yang menjadi ciri khas model generasi keempat ini antara lain desain interior dan eksterior yang inovatif yang menunjukkan cita rasa sporty dan stylish.

Mesin diesel pengembangan terbaru dengan direct injection common rail menghasilkan tenaga yang besar dengan konsumsi bahan bakar, emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang rendah. Bodi yang baru juga mampu meraih tingkatan tertinggi kemampuan menahan benturan. Partisipasi pada Dakar Rally dan kompetisi lainnya menghasilkan performa off road 4WD yang superior dan memberitahukan kepada dunia tentang ketangguhan pick up ini.

Selanjutnya pada bulan November 2014 Mitsubishi meluncurkan generasi kelima di Thailand yang diikuti dengan penjualan di negara lain. Menggunakan tiga konfigurasi bodi yaitu Single Cab, Club Cab dua pintu, dan Double Cab.

Mitsubishi Triton Generasi Kelima

Yang terbaru adalah pengembangan powertrain mesin diesel 2.4 liter MIVEC turbo, 2.5 liter turbo, dan mesin bensin 2.4 liter. Model ini punya pilihan drivetrain 2WD dan 4WD yang tersedia dengan sistem "Super Select 4WD-II" yang mengadopsi electronic actuator.

Triton generasi kelima ini dibekali transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 5 percepatan dengan sport mode juga ditawarkan untuk pertama kalinya. Sistem 4WD juga terus dikembangkan. Sistem "Easy Select 4WD" memiliki tiga posisi, yakni 2H, 4H, 4L untuk memberikan traksi maksimal yang sesuai dengan kondisi jalan, dan "Super Select 4WD-II" yang hadir dengan electronic actuator.

Opsi penggerak 2WD tetap ditawarkan, termasuk versi standar dan versi "High Rider" yang memiliki ground clearance yang sama dengan varian 4WD untuk meningkatkan performa di jalan yang rusak.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR