HOME » BERITA » KENDARAI MOTOR SPORT FAIRING, BEGINI MENGATUR POSISI TUBUH YANG BENAR

Kendarai Motor Sport Fairing, Begini Mengatur Posisi Tubuh yang Benar

Mengendarai motor sport berfairing berbeda dengan jenis roda dua lain, Posisi tubuh, mulai dari tangan hingga kaki perlu diatur sehingga mendapatkan posisi riding yang nyaman dan aman.

Senin, 20 Juni 2022 09:02 Editor : Nazarudin Ray
Kendarai Motor Sport Fairing, Begini Mengatur Posisi Tubuh yang Benar
Ilustrasi mengendarai motor sport fairing (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pasar sepeda motor Indonesia terus tumbuh setiap tahun meski sempat diadang badai pandemi selama 2 tahun. Selain skutik, kategori motor sport terutama yang berfairing terus tumbuh.

Para penggemar motor sport fairing dikenal memiliki kebanggaan tersendiri saat memacu kendaraan milik mereka di jalanan. Aktif dalam keseharian maupun hobi menggunakan jenis motor yang memiliki tampilan gagah itu, membuat mereka makin percaya diri saat berkendara.

Apalagi dengan riding position yang sporty kian menguatkan kecintaan biker terhadap motor sport fairing.

1 dari 4 Halaman

Namun mengendarai motor sport fairing perlu memerhatikan posisi tubuh yang benar agak menikmati membesut jenis motor ini.

Terkait posisi berkendara motor sport berfairing, Yamaha Riding Academy Yogyakarta memberikan beberapa tips posisi tubuh yang tepat. Berikut tipsnya:

1. Menegnali karakter posisi berkendaranya agar biker dapat menyesuaikannya ketika mengendarai motor sport fairing.

2. Meski tipe motor sport dan posisi tubuh cenderung menunduk, namun badan diupayakan selalu relaks.

2 dari 4 Halaman

3. Posisi kepala menghadap ke depan agar pandangan tetap luas. Hindari terlalu menunduk karena akan membuat pandangan terbatas dan akan sulit jika melewati jalan dengan banyak tikungan.

4. Bahu dan tangan menyesuaikan posisi stang, usahakan tangan tetap menyiku. Hindari posisi tangan lurus ini akan membuat pengendalian kurang maksimal terutama saat menikung.

5. Memegang stang motor dengan cukup kuat dan relaks, hindari terlalu kuat dan kaku ini akan membuat pengendalian akan lebih sulit.

 

3 dari 4 Halaman

6. Posisi duduk menyesuaikan dari posisi tangan dan bahu serta postur atau tinggi badan pengendara dengan target tetap relaks.

7. Posisi lutut mendekap tangki/body sepeda motor baik saat trek lurus maupun tikungan untuk menjaga keseimbangan sepeda motor.

8. Posisi kaki menghadap ke depan, hindari posisi terbuka. Hindari selalu stand by di atas rem/pedal shift, tanpa sadar ditakutkan kaki selalu menginjak rem dan motor mengerem.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR