HOME » BERITA » MENGETAHUI FUNGSI AIR RADIATOR MOTOR DAN CARA KERJANYA

Mengetahui Fungsi Air Radiator Motor dan Cara Kerjanya

Berikut ini fungsi air radiator motor dan cara kerjanya. Simak selengkapnya!

Rabu, 27 April 2022 11:30 Editor : Ahmad Muzaki
Mengetahui Fungsi Air Radiator Motor dan Cara Kerjanya
Ilustrasi pengecekan radiator motor (Otosia)

OTOSIA.COM - Air radiator merupakan bagian penting pada sebuah motor. Untuk tetap menjaga kualitas mesin motor Otolovers, sebaiknya jangan sampai kehabisan air radiator.

Fungsi air yang satu ini memang penting, nah bagi Otolovers yang penasaran, yuk simak baik-baik artikel di bawah ini. Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, berikut adalah fungsi dari air radiator.

1 dari 3 Halaman

Fungsi Air Radiator

Sejatinya, fungsi air radiator adalah untuk mendinginkan mesin agar motor Otolovers tidak mengalami overheat.

Karena berfungsi sebagai pendingin, air radiator dapat menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap stabil. Beberapa senyawa kimia yang melekat juga berpengaruh untuk melindungi bagian sistem pendingin.

Selain itu, karena memiliki perpaduan antara dua bahan utama, air radiator dapat mencegah korosi pada logam yang berada di dalamnya. Fungsi lainnya adalah sebagai penjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya kaku.

2 dari 3 Halaman

Cara Kerja Radiator Motor

Kinerja air radiator sendiri dengan menyerap panas  melewati cairan radiator atau coolant yang kemudian bersirkulasi dan diteruskan melewati water jacket. Ketika cairan telah panas maka akan disebarkan menuju seluruh bagian radiator melalui angin. Setelah dingin, cairan akan dikembalikan pada bagian mesin. 

3 dari 3 Halaman

Harga Air Radiator

Setelah kalian mengetahui fungsi dan cara kerja dari air radiator, harga juga penting untuk diketahui. Umumnya di pasaran, air yang satu ini dibanderol dengan harga yang masih bersahabat sesuai dengan tipe motor dan merk.

Untuk secara pastinya, bahwa rata-rata harganya tidak menyentuh angka Rp 50.000. Sebuah harga yang masih ramah bagi pecinta otomotif. Pastikan agar kalian memperhatikan merek dan jenis motor kalian. 

Demikian, fungsi air radiator motor yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Otolovers semuanya.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

BERI KOMENTAR