HOME » BERITA » MENGINTIP HIRUK PIKUK PABRIK ESEMKA YANG TERUS BERPRODUKSI

Mengintip Hiruk Pikuk Pabrik Esemka yang Terus Berproduksi

Senin, 08 April 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Pabrik Esemka (merdeka.com)

OTOSIA.COM - Nama Esemka masih terus jadi perbincangan. Setelah soal motor listriknya yang digarap pindad, kini soal kabar pabriknya di Jawa Tengah.

Melansir Antara, pabrik mobil nasional PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, masih terus melakukan proses produksi.

Terlihat kendaraan sepeda motor milik karyawan terparkir di halaman sisi barat pabrik, meskipun pintu utama masuk tertutup rapat. Para petugas keamanan pabrik Esemka juga terlihat berjaga-jaga di pos pintu kedua.

Satpam yang tak mau disebutkan namanya itu, mengaku kepada Antara bahwa dirinya tak tahu soal kapan peresmian Esemka di Boyolali. Dia bahkan menyarankan melakukan peliputan saat acara peresmian nanti.

Sementara, salah satu warga Desa Demangan yang tinggal tak jauh dari pabrik, Yanti (45) mengatakan bahwa pabrik Esemka terus memproduksi mobil. Tapi jika Sabtu, ada kemungkinan sedang libur, sehingga tak banyak aktivitas di dalam pabrik.

Selain produksi mobil, pabrik itu tampak sedang mengembangkan diri. Terlihat dari sisi luar sedang ada pembangunan sebuah gedung di bagian belakang pabrik.

"Namun, saya tidak tahu gedung yang baru dibangun itu, untuk apa," katanya, kepada Antara.

karyawan pabrik sudah cukup banyak, termasuk orang dariluar Jawa. Tapi belum ada kelihatan warga sekitar yang menjadi karyawan di perusahaan mobil nasional itu.

"Saya melihat aktvitas pabrik, pada Jumat (5/4/2019), sejumlah pekerja sedang mengecat atau membersihkan tulisan Esemka yang menempel di dinding tembok pagar dan pabrik," kata warga setempat lainnya, Kusno.

Hanya saja, Kusno tak tahu menahu apakah hanya itu adalah pekerjaan rutin untuk pemeliharaan atau untuk persiapan rencana acara peresmian pabrik.

"Kami melihat yang jelas PT Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses produksi," tandasnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR