HOME » BERITA » MENGINTIP KANDIDAT MOBIL DINAS PRESIDEN DARI BMW DAN MERCY

Mengintip Kandidat Mobil Dinas Presiden dari BMW dan Mercy

Mercedes-Benz dan BMW bersaing untuk menjadi mobil dinas kepresidenan Indonesia.

Senin, 08 Juli 2019 16:45 Editor : Cornelius Candra
Mengintip Kandidat Mobil Dinas Presiden dari BMW dan Mercy
Mobil kepresidenan (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini menggunakan Mercedes-Benz S-Class S600 Pullman Guard sebagai kendaraan dinas kepresidenan. Mobil dinas tersebut diusulkan untuk diremajakan atau diganti baru.

Usulan tersebut muncul karena kondisi kendaraan sudah tidak stabil. Salah satunya pernah mengalami mogok saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat pada 2017, dan kunjungan ke Pondok Pesantren Gontor Ponorogo.

BMW, produsen mobil asal Jerman sudah lama menawarkan produknya untuk digunakan sebagai kendaraan dinas RI-1. Mereka menawarkan BMW seri-7 Security Vehicle F02 yang bakal menjadi mobil dinas presiden nantinya.

Tak hanya BMW, Mercy juga menawarkan mobil barunya untuk peremajaan mobil dinas kepresidenan. Lalu, seperti apa kelebihan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard terbaru dan BMW seri-7 Security Vehicle F02 yang jadi kandidat menjadi mobil dinas presiden? Dan mobil mana yang akan dipilih Jokowi? Mengutip dari Merdeka.com, berikut ulasannya:

1 dari 3 Halaman

Mercedes-Maybach S600

Mengintip Kandidat Mobil Dinas Presiden dari BMW dan MercyMercedes-Maybach S600

Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard atau dikenal Mercy S600 Guard memiliki banyak ketangguhan. Seperti kaca mobil yang tebal dan tenaga tambahan untuk power window, demi mengantisipasi serangan langsung melalui jendela. Kaca itu sendiri dilapisi polikarbonat supaya tahan terhadap peluru dan ledakan.

Rodanya menggunakan ban Michelin PAX yang bisa tetap digunakan walau dalam kondisi kempis. Sektor roda pun dibekali sistem monitor untuk menjaga tekanan udaranya.

Selain punya alarm untuk kondisi panik, ada pula sistem pereda kebakaran yang bekerja secara otomatis, dan sistem penjernih udara (untuk mengantisipasi serangan senjata gas).

Untuk berlari, S600 Guard menggunakan mesin 6.000cc berkonfigurasi V12 dengan turbo ganda. Tenaga mesin diklaim mencapai 523 hp.

 

2 dari 3 Halaman

BMW seri-7

Mengintip Kandidat Mobil Dinas Presiden dari BMW dan MercyBMW seri-7

Merdeka.com - Penantang Mercy S600 Guard, BMW seri-7 Security Vehicle F02 juga memiliki ketangguhan. BMW Seri-7 F02 sudah diproduksi sejak 2008. Dari segi keamanan, F02 memiliki sertifikat keamanan BRV 2009 dan VR&. Jadi mobil ini bisa menahan ancaman dari segala tembakan dan senjata.

Untuk masalah mesin, F02 dibekali dengan tiga kapasitas mesin besar, yakni V12 6.0 liter, V8 berkapasitas 4,4 liter dan I6 berkapasitas 3,0 liter. Seluruh jenis mesin dilengkapi dengan transmisi matik 6 dan 8 percepatan.

 

3 dari 3 Halaman

Syarat Mobil Presiden

Mengintip Kandidat Mobil Dinas Presiden dari BMW dan MercySyarat Mobil Presiden

Terpilih menjadi mobil kepresidenan harus memiliki spesifikasi khusus. Mobil yang dipakai oleh kepala negara harus memiliki standar yang harus dipenuhi. Salah satunya standar keamanan. Mobil dinas kepresidenan memiliki syarat-syarat khusus, seperti harus bersih dari alat-alat penyadapan dan dirombak total, termasuk peralatan elektronik di dalamnya.

Tak hanya sistem interior, perubahan juga wajib dilakukan di bagian eksterior kendaraan. Komandan paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan mobil dinas presiden harus dipasangkan fitur pengamanan lengkap, seperti anti peluru, anti ranjau dan lain sebagainya.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR