HOME » BERITA » MENGINTIP KENYAMANAN MOBIL DINAS MENTERI JOKOWI-MA'RUF

Mengintip Kenyamanan Mobil Dinas Menteri Jokowi-Ma'ruf

Senyaman apa mobil yang digunakan oleh para menteri Jokowi-Ma'ruf?

Selasa, 22 Oktober 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Mengintip Kenyamanan Mobil Dinas Menteri Jokowi-Ma'ruf
Toyota Crown (Jalopnik.com)

OTOSIA.COM - Sebanyak 101 unit Toyota Crown 2.5 Hybrid telah hadir di Indonesia. Mobil ini didatangkan secara utuh atau CBU (completely built-up) dari Jepang dan akan digunakan sebagai mobil dinas menteri Jokowi-Ma'ruf.

Seperti namanya, mobil dinas menteri mengusung dapur pacu berteknologi hybrid. Sistem ini mengawinkan mesin 4-silinder inline 2.487 cc dengan motor listrik.

Perpaduan tersebut menghasilkan tenaga sebesar 184 ps dengan torsi maksimum 221 Nm. Bahkan, konsumsi bahan bakar mobil menteri ini bisa seirit LCGC, mencapai 23,4 km/liter.

Lantas, seberapa nyaman mobil dinas menteri Jokowi-Ma'ruf ini? Pertama, kita lihat dulu dimensinya.

1 dari 2 Halaman

Kabin Modern dan Lega

Mengintip Kenyamanan Mobil Dinas Menteri Jokowi-Ma'rufKabin Modern dan Lega

Toyota Crown 2.5 Hybrid memiliki panjang 4.910 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.455 mm. Sementara itu, jarak antar sumbu rodanya mencapai 2.920 mm. Artinya, sedan ini bisa melaju dengan stabil.

Dengan dimensi tersebut, Toyota Crown 2.5 Hybrid tergolong sebagai Big Sedan atau sedan berukuran besar. Artinya, ruang di dalam kabin pun menjadi lebih lega, setidaknya cukup untuk meluruskan kaki.

Interiornya tampak mewah dan modern. Itu tak terlepas dari penggunaan aksen silver di konsol tengah, dashboard, dan setir, serta panel-panel digital.

Di kabin depan terpasang 2 layar besar dan tentu saja dapat dihubungkan ke smartphone. Berkat konektifitas tersebut, pengaturan keduanya bisa dilakukan dengan lebih mudah dari bangku belakang.

2 dari 2 Halaman

Bisa Diatur dari Belakang

Mengintip Kenyamanan Mobil Dinas Menteri Jokowi-Ma'rufBisa Diatur dari Belakang

Ya, nantinya para menteri Jokowi-Ma'ruf akan lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam mobil dengan duduk di belakang. Tentu juga telah disediakan sopir khusus.

Untuk menunjang kenyamanan, bangku belakang dibekali dengan armrest. Tingkat kerebahannya pun dapat diatur secara elektrik melalui tombol di sandaran tangan tersebut. Sebenarnya, tombol-tombol ini juga bisa digunakan untuk mengatur head-unit di kabin depan.

Selain itu, Toyota Crown 2.5 Hybrid juga telah menerapkan AC dual-zone. Artinya, suhu dan sirkulasi di kabin belakang dapat diatur secara independen dan berbeda dengan bangku depan.

Sayangnya, tak ada sistem hiburan yang diciptakan khusus bagi penumpang belakang, layaknya sedan-sedan mewah lainnya, seperti Mercedes-Benz S-Class dan BMW 7 Series.

BERI KOMENTAR