HOME » BERITA » MENGINTIP MODIFIKASI VESPA SPRINT ASAL BALI KAYA PRESTASI

Mengintip Modifikasi Vespa Sprint Asal Bali Kaya Prestasi

Bengkel Vespa asal Bali, Skuter Koloni, menelurkan modifikasi Vespa Sprint yang telah menyabet 3 gelar hanya dalam waktu 30 hari.

Senin, 14 Oktober 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Mengintip Modifikasi Vespa Sprint Asal Bali Kaya Prestasi
Vespa Sprint modifikasi Skuter Koloni (Istimewa)

OTOSIA.COM - Modifikasi kerap menjadi salah satu cara untuk mengubah kendaraan agar lebih sesuai dengan karakter pemiliknya. Namun, ada juga yang mengejar prestasi, salah satunya ialah Skuter Koloni.

Bengkel Vespa asal Bali itu memodifikasi Vespa Sprint 150 i-Get dengan konsep modern Vespa racing good looking. Tak tanggung-tanggung, skuter ini langsung meraih 3 gelar juara hanya dalam 30 hari.

Pertama, Vespa Sprint Skuter Koloni ini menjadi juara 1 di 2 kategori sekaligus, Modern Vespa Good loking dan Racing Look dalam gelaran Indonesia Scooter Festival 2019 di Yogyakarta. Prestasi berikutnya, juara 1 dalam gelaran Suryanation 2019 di Bali untuk kelas matic.

"Tujuan motor ini dibangun ialah menambah warna modifikasi modern Vespa di Indonesia dan bisa menjadi acuan bagi para penggemar modern Vespa di Indonesia agar lebih berani dan kreatif," ujar Iil Prasetio, salah seorang builder dan konseptor di Skuter Koloni.

1 dari 2 Halaman

Part Aftermarket Kondang

Mengintip Modifikasi Vespa Sprint Asal Bali Kaya PrestasiPart Aftermarket Kondang

Berbagai prestasi skuter ini tak terlepas dari modifikasi yang dilakukan. Tak tanggung-tanggung, Skuter Koloni mengganti mesin asli Vespa Sprint 150 i-Get dengan dapur pacu Vespa GTS 250 ie. Karena itu, terdapat radiator tambahan di body depan.

Berbagai komponen aftermarket yang disematkan juga berasal dari pabrikan ternama. Sebut saja suspensi keluaran Ohlins, velg HD Corse CNC 12 inci dan ban Maxxis. Sistem pengeremannya menggunakan Brembo di depan dan kaliper belakang dari Sip Formula, serta disokong selang rem Hel Performance.

Sektor pencahayaan juga tak luput dari ubahan untuk membius para juri. Skuter Koloni pun menyematkan LED headlight daymaker, lampu sein Power One, dan stoplamp keluaran Motonostra. Joknya dibuat kustom dengan kulit dari MB Tech.

Pesona skutik ini juga dimunculkan oleh konsep pengecatan gradasi dual-tone, dari orange ke silver. Sebagian komponennya pun menggunakan bahan karbon sehingga terkesan lebih sporty.

2 dari 2 Halaman

Biaya Modifikasi

Mengintip Modifikasi Vespa Sprint Asal Bali Kaya PrestasiBiaya Modifikasi

Ubahan di sektor dapur pacunya tak terlalu banyak. Skuter Koloni hanya menggunakan short intake dan filter dari KNN. Sedangkan bagian CVT diganti dengan part aftermarket merek Malosi.

Dengan pemasangan berbagai komponen keluaran pabrikan kondang, tentu biaya yang dikeluarkan tak sedikit. Iil menyebut proses modifikasi ini memakan biaya mencapai Rp250 jutaan.

BERI KOMENTAR