HOME » BERITA » MENGINTIP MOTOR BMW YANG DIRILIS DI GIIAS 2018, BMW F850 GS

Mengintip Motor BMW yang Dirilis di GIIAS 2018, BMW F850 GS

BMW F850 GS bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pecinta moto-adventure sekaligus motor gede (moge). Sebenarnya, motor ini tidak benar-benar baru, melainkan hanya mendapat beberapa fitur-fitur tambahan.

Selasa, 07 Agustus 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: BMW Motorrad

OTOSIA.COM - BMW Motorrad turut memeriahkan gelaran GIIAS 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang pada 2-12 Agustus. Kali ini, pabrikan asal Jerman tersebut merilis salah satu line-up adventure mereka, BMW F850 GS.

BMW F850 GS bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pecinta moto-adventure sekaligus motor gede (moge). Sebenarnya, motor ini tidak benar-benar baru, melainkan hanya mendapat beberapa fitur-fitur tambahan.

Sebut saja sistem pengereman ABS Pro, DTC Pro, Dynamic ESA, Anti-hoping Clutch, dan Shift Assist Pro. BMW F850 GS juga dibekali dengan lima mode berkendara, yaitu rain, road, dynamic, enduro dan enduro pro. Fitur menarik lainnya ialah instrumen panel TFT yang dapat dihubungkan dengan smartphone serta sistem pencahayaan full-LED.

Secara desain, BMW F850 GS begitu kental dengan nuansa Eropa dan petualangan. Terlihat dari kaki-kaki jenjang dan tangki bahan bakar berkapasitas 18,5 liter. Sebenarnya, motor ini terbilang cukup tinggi untuk postur tubuh orang Indonesia, namun permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan mengubah ketinggian jok.

Menariknya lagi, tersedia lowering kit suspension untuk membuat motor ini menjadi lebih rendah. Mulanya, suspension travel depan dan belakang mencapai 204 mm dan 219. Dengan penggunaan lowering kit, suspension travel BMW F850 GS turun menjadi 184 mm di depan dan belakang 199 mm.

Produk BMW Motorrad ini dibekali velg jari-jari berdiameter 21 inci ban 90/90 dan suspensi teleskopik di bagian depan. Sementara itu, buritan motor ditopang monoshock yang dapat disesuaikan tingkat kekerasannya, velg 17 inci, dan ban 150/70.

Beralih ke sektor dapur pacu, seperti namanya, BMW F850 GS dibekali mesin 2-silinder inline 853cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 95 hp dengan torsi maksimum 93 Nm. Dengan demikian, motor ini memiliki kecepatan maksimal lebih dari 200 km/jam.

Terakhir, berdasarkan Oto.com, BMW F850 GS dijual seharga Rp549 juta on the road Jakarta. Banderol tersebut belum termasuk aksesori lainnya seperti, windscreen yang lebih besar, crash-bar, skid-plate, dan box atau pannier.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR