HOME » BERITA » MENGINTIP MOTOR NEO KLASIK DARI CHINA, LONCIN 300AC PESAING KAWASAKI ESTRELLA

Mengintip Motor Neo Klasik dari China, Loncin 300AC Pesaing Kawasaki Estrella

Pabrikan asal China, Loncin, sedang menyiapkan motor retro, yaitu Loncin 300AC dengan basis saudaranya yang bergenre sport-bike full-fairing, Loncin GP300.

Selasa, 28 Agustus 2018 10:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Newmotor.com.cn

OTOSIA.COM - Pasar sepeda motor dunia saat ini nampaknya benar-benar terjangkit demam motor retro. Buktinya, beberapa pabrikan merilis produk yang mengusung konsep neo klasik, seperti Honda CB150R Exmotion, Kawasaki W-series, Viar Vintech, dan Benelli Motobi-series.

Ternyata, pabrikan asal China, Loncin, juga sedang menyiapkan produk serupa, yaitu Loncin 300AC. Mengutip dari Newmotor.com.cn, motor ini menggunakan Loncin GP300, saudaranya yang bergenre sportbike full-fairing, sebagai basisnya.

Menariknya, desain Loncin 300AC mengacu pada motor neo klasik asal Jepang, yaitu Yamaha XSR-900. Namun, bentuknya tidak 100% sama meski memiliki beberapa kemiripan, seperti sektor dapur pacu yang diekspos.

Berdasarkan tampilannya, Loncin 300AC justru terlihat futuristik dengan bentuknya yang cenderung berlekuk tajam. Meski demikan, masih ada beberapa komponen yang sukses menyumbangkan nuansa retro, seperti LED headlight dan speedometer bulat.

Berbagai fitur yang ditawarkan pun tak kalah dari motor Jepang dan Eropa. Loncin 300AC dibekali dengan suspensi depan upside-down, knalpot underbelly, dan disc-brake di roda depan belakang. Selain itu, ada juga mud-guard, komponen yang berfungsi sama dengan spakbor namun menjadi satu dengan swing-arm.

Di sektor dapur pacu, Loncin 300AC dibekali mesin 1-silinder DOHC 292cc liquid-cooled. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 25,4 hp.

Sayangnya, belum ada informasi terkait spesifikasi lainnya. Pasalnya, Loncin 300AC memang baru dirilis pada September mendatang dan mulai dipasarkan satu bulan berikutnya. Seandainya motor ini beredar di Indonesia dan bermesin 250cc, ia akan berhadapan dengan Kawasaki Estrella alias W250.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR