HOME » BERITA » MENGINTIP SUV AUDI Q8 YANG BAKAL MELANTAI DI GIIAS 2019

Mengintip SUV Audi Q8 yang Bakal Melantai di GIIAS 2019

PT Garuda Mataram Motor (GMM) memastikan jagoan baru mereka di segmen SUV, Audi Q8 akan meluncur pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang.

Jum'at, 24 Mei 2019 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Audi Q8 (Motor1)

OTOSIA.COM - PT Garuda Mataram Motor (GMM) memastikan jagoan baru mereka di segmen SUV, Audi Q8 akan meluncur pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang. Hanya saja pihak GMM belum mau membocorkan harga Audi Q8.

"Harga nantilah kita kasih tahu saat di GIIAS. Yang pasti ini kompetitor SUV merek Jepang, dan Audi Q8 sudah semi hybrid," kata Chief Operating Officer GMM, Jonas Chendana di sela-sela buka puasa bersama awak media di kantornya, Jakarta, Kamis malam (23/5/2019).

SUV mewah 4-pintu ini merpakan sebuah SUV berdimensi besar. Q8 dibekali berbagai fitur berteknologi modern dan memiliki kemampuan melibas medan off-road.

Bodinya yang bongsor memiliki panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter, dan tinggi 1,71 meter. Tidak heran jika Q8 lebih lebar, lebih panjang dan lebih pendek jika dibandingkan Audi Q7. Namun dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3,00 meter, hal ini memberikan keleluasaan di dalam kabinnya yang menjadi keunggulannya.

Menilik sisi luar, grille Singleframe khas Audi kini memiliki bentuk oktagonal yang menjadikan Q8 merupakan model pertama yang menyuguhkan tampilan terbaru keluarga SUV Q Audi. Bentuk grille berotot yang dimiliki Q8 tampil menonjol dengan spoiler dan lubang udara besar, menonjolkan kesan percaya diri yang kuat.

Sistem penggerak empat roda khas Audi, quattro tentu saja menjadi bagian tak terpisahkan dari Q8. Limpahan tenaga dari jantung pacunya disalurkan ke keempat rodanya melalui diferential tengah yang mendistribusikan tenaga 40:60 ke sumbu roda depan dan belakang.

Jika diperlukan, rasio distribusi tenaga ini dapat diubah ke sumbu roda yang membutuhkan traksi lebih baik. Ground clearance yang mencapai 254 mm, overhang pendek dan hill descent control menjadikan Q8 dapat menjelajah kemana saja meski lapisan jalan beraspal telah habis. Suspensinya juga telah mengadaptasi damper control.

Sistem kendali terpusat MMI yang dimiliki Q8 dapat diakses melalui dua layar utama di tengah-tengah dashboard. Yang pertama adalah layar utama berukuran 10,1 inci untuk kendali infotainment dan navigasi, dan layar kedua adalah layar 8,6 inci di bawahnya yang digunakan untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi-fungsi kenyamanan dan input tulisan.

Sementara di balik lingkar kemudi terdapat Audi virtual cockpit berupa layar sebesar 12,3 inci yang menjadipusat informasi bagi sang pengemudi.

Audi Q8 dipersenjatai mesin V6 bensin berkapasitas 3.0 liter yang sanggup menyemburkan tenaga 340 hp dan torsi hingga 500 Nm. Bekal tersebut kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-speed Tiptronic.

Soal kecepatan, SUV ini sanggup berakselerasi dari posisi diam ke 100 km/jam hanya dalam hitungan 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km/jam. Performa terbaik Q8 ini juga dipadukan dengan efisiensi bahan bakar berkat penggunaan teknologi Mild-Hybrid.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR