HOME » BERITA » MENGINTIP THERMAL DRONE YANG DIPAKAI POLISI SAAT OPS KESELAMATAN 2020 CEGAH COVID-19

Mengintip Thermal Drone yang Dipakai Polisi saat Ops Keselamatan 2020 Cegah COVID-19

Thermal Drone yang dipakai untuk menangkal penyebaran virus Corona COVID-19 dalam Operasi Keselematan 2020 bisa mendeteksi suhu dalam jarak 5-10 meter.

Selasa, 07 April 2020 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Mengintip Thermal Drone yang Dipakai Polisi saat Ops Keselamatan 2020 Cegah COVID-19
Uji Coba Thermal Drone (Korlantas Polri)

OTOSIA.COM - Jika biasanya drone milik Polri hanya untuk memantau kondisi lalu lintas, kini tak lagi. Drone yang dipakai pada Operasi Keselamatan 2020 untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 itu dibekali fitur yang lebih canggih.

Dilansir dari laman Korlantas Polri, Polisi kini menggunakan thermal drone dalam Operasi Keselamatan 2020. Thermal drone itu dibekali dengan fitur untuk mendeteksi suhu tubuh baik pengguna jalan raya maupun pejalan kaki.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono menerangkan bahwa fitur thermal itu bisa dipakai dalam ketinggian 5 meter hingga 10 meter. Kemampuan itu dinilai hampir sempurna untuk mengetahui suhu tubuh seseorang di jalan raya.

1 dari 2 Halaman

Mengintip Thermal Drone yang Dipakai Polisi saat Ops Keselamatan 2020 Cegah COVID-19

Jarak 5-10 Meter

Thermal Drone itu juga memiliki standar pengukuran suhu tubuh. Jika pengukuran suhu tubuh dilakukan di luar ruangan, maka suhu tubuh dikurangi 1 derajat. Sebaliknya, jika dilakukan di dalam ruangan maka ditambah 1 derajat.

"Bila nantinya ada suhu tubuh yang terdeteksi di atas 38 derajat, akan kami rekomendasikan untuk diambil lagkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19," terang Istiono, dikutip dari laman Korlantas Polri, Selasa (7/4/2020).

2 dari 2 Halaman

Selain itu, thermal drone ini juga dibekali dengan speaker. Fitur itu dianggap bisa menunjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Melalui speaker itu, polisi akan menyampaikan imbauan kepada masyarakat betapa pentingnya social distancing maupun physical distancing dalam kondisi saat ini.

"Drone ini merupakan bagian dari operasi keselamatan yang dimulai 6 April 2020 hingga 19 April 2020. Drone nantinya akan difungsikan selama masa tanggap darurat penanganan virus COVID-19 selesai di Indonesia," tandasnya.

BERI KOMENTAR