HOME » BERITA » MENGONVERSI MESIN BENSIN JADI MOTOR LISTRIK SEMUDAH MEMODIFIKASI MOTOR BIASA?

Mengonversi Mesin Bensin Jadi Motor Listrik Semudah Memodifikasi Motor Biasa?

Secara umum mengonversi atau memodifikasi motor biasa menjadi motor listrik semudah memodifikasi motor mesin bensin.

Rabu, 04 Maret 2020 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Mengonversi Mesin Bensin Jadi Motor Listrik Semudah Memodifikasi Motor Biasa?
Modifikasi motor listrik (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Tren motor listrik mulai meramaikan dunia otomotif. Terlebih pemerintah akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, termasuk sepeda motor.

Secara umum, mengkonversi atau memodifikasi motor biasa menjadi motor listrik semudah memodifikasi motor mesin bensin. Hal ini dikatakan Ady Siswanto dari PetrikeBike bahwa merubah motor bensin jadi motor listrik tidak ada bedanya dengan memodifikasi motor konvensional.

1 dari 2 Halaman

Secara umum, semua motor apapun bisa dikonversi menjadi motor listrik, mulai dari bebek, matic, sport sampai Vespa. "Tapi harus ada perubahan diki-dikit, agar partnya bisa masuk ke part yang sudah ada," jelas Ady.

Menurut punggawa bengkel motor listrik yang berada di bilangan Kranggan, Bekasi ini, perubahan utama dilakukan pada bagian mesin. Untuk menggunakan mesin listrik, mesin motor bawaan diganti dengan dinamo atau wadah baterainya.

"Kita mesti turunkan mesin bensin dan menggantinya dengan dinamo. Kita juga tidak perlu merubah rangka motor," ujarnya.

 

 

2 dari 2 Halaman

Perubahan lainnya dialami pada bagian kaki-kaki. Pelek belakang diganti dengan pelek yang sudah ada dinamo-nya dan merubah sedikit arm, agar si pelek bisa masuk ke arm.

Nah, jika bagian mesin sudah selesai dikonversi, kita tinggal menambah aksesoris untuk mempercantik tampilan motor. Seperti mengganti lampu-lampu, shockbreaker, dan aksesoris pemanis lainnya. Untuk memodifikasi jadi motor listrik ini, Petrikbike butuh waktu 1 bulan.

Sebagai salah satu bengkel perawatan dan perbaikan motor listrik umum, PetrikBike melayani semua motor listrik sampai sepeda listrik dari berbagai merek. Bengkel ini sanggup melakukan custom bike layaknya motor konvensional berbahan bakar bensin.

BERI KOMENTAR