HOME » BERITA » MENGULIK BESARNYA INDUSTRI KAWASAKI, TAK SEBATAS MOTOR SAJA

Mengulik Besarnya Industri Kawasaki, Tak Sebatas Motor Saja

Kawasaki bukan sekadar produsen sepeda motor yang identik dengan motor sport. Kawasaki juga turut berkecimpung di berbagai sektor industri, yang belum banyak diketahui.

Kamis, 17 Juni 2021 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mengulik Besarnya Industri Kawasaki, Tak Sebatas Motor Saja
Kawasaki robotik (Kawasaki-motor.co.id)

OTOSIA.COM - Jika mendengar nama Kawasaki, sering kali yang terlintas di benak publik adalah merek sepeda motor. Padahal, jenama asal Jepang itu tak hanya berkutat pada kendaraan roda-2 saja.

Banyak yang belum tahu bahwa Kawasaki juga bermain di segmen industri lain. Ini adalah strategi market yang sebenarnya bukan lagi menjadi sesuatu yang baru.

Ambil contoh, Yamaha. Pabrikan berlambang Garpu Tala itu tak hanya memroduksi sepeda motor, tapi juga alat musik. Selain itu, Yamaha juga terjun di industri perkapalan dan aviasi hingga saat ini.

Sama halnya dengan Kawasaki. Melansir laman Kawasaki Heritage dan Kawasaki Global, Selasa (15/6/2021), setidaknya ada 5 bisnis yang ditekuni Kawasaki saat ini.

1 dari 5 Halaman

Penerbangan

Kawasaki telah membangun pesawat terbang sejak tahun 1918. Presiden pertama Kawasaki, Kojiro Matsutaka terinspirasi oleh banyaknya penggunaan maskapai terbang jelang perang duni pertama. Sejak saat itu, ia membangun divisi penerbangan di Hyogo Works (pabrik). Pesawat terbang pertama Kawasaki pun dibuat pada tahun 1922.

2 dari 5 Halaman

Kereta

(c) Kawasaki-motor.co.id

Industri kereta dapat dikatakan sebagai cikal bakal Kawasaki. Dengan dibangunnya Hyogo Works pada tahun 1906, brand tersebut telah menghasilkan produk seperti kereta bawah tanah New York City hingga shinkansen di Jepang. Menariknya, Kawasaki masih beroperasi pada segmen kedua kereta tersebut sampai sekarang.

3 dari 5 Halaman

Pabrik

Kawasaki Heavy Industries (KHI) bertugaskan untuk membangun pabrik yang ramah lingkungan. Untuk menjadi salah satu industri ramah lingkungan, KHI melakukan pembangunan perawatan industri seperti tempat khusus penanganan limbah pabrik dan sistem penggunaan ulang hasil buang.

 

4 dari 5 Halaman

Robotik

Merek ini menjadi pencetus mesin robotik buatan Jepang pertama dengan Kawasaki-Unimate 2000 adalah produk robot pertamanya. Tak heran, bidang ini terus berjalan hingga saat ini dalam perakitan, penanganan, pengelasan, pengecetan dan penyegelan di dalam pabrik.

5 dari 5 Halaman

Mesin Bermotor

Sejak kreasi motor pertama mereka pada tahun 1953, Kawasaki hingga saat ini terus memproduksi kendaraan roda-2 secara masal. Penggunaan seluruh pengalaman dari sejarah mereka menghasilkan barang yang Otolovers dapat beli saat ini.

Penulis: Arendra Pranayaditya

 

BERI KOMENTAR