HOME » BERITA » MENIKMATI KARAKTERISTIK SI 'NO COMPROMISE'

Menikmati Karakteristik Si 'No Compromise'

Kamis, 28 Februari 2013 09:20

Menikmati Karakteristik Si 'No Compromise'
New Honda Jazz S
Editor : Alvin

Otosia.com - Sebagai pemimpin pasar mobil hatchback di Tanah Air, Honda terus melakukan inovasi terhadap Jazz. Untuk itu, PT Honda Prospect Motor menghadirkan New Honda Jazz pada Januari 2013 lalu.

Hadir dengan kunci keunggulan pada teknologi dan fitur-fitur yang inovatif di antaranya 5AT dengan paddle shift, kapasitas yang fleksibel, konsumsi bahan bakar yang hemat serta performa yang prima. Menjadikan New Honda Jazz layak menjadi pilihan terbaik.

Berbeda dengan media lain yang umumnya diberi kesempatan untuk menjajal New Honda Jazz tipe RS, yang mana, fitur-fitur terlengkap ada pada varian ini. Kami sengaja menolak tipe RS dan menerima New Honda Jazz S yang disodorkan HPM untuk test drive. Dengan keyakinan, pastinya tipe S inipun tak kalah jika dibandingkan tipe RS-nya.

Benar saja, saat pertama kali memasuki kabin New Jazz S, kesan luas menyelimuti ruangan kabin. Ini yang membuat pengemudi dan penumpang untuk berlama-lama di dalamnya. Apalagi ketika pengemudi duduk pada kursi yang tebal dengan desain lekukan yang memberikan kenyamanan dan tidak melelahkan saat menempuh perjalanan jauh.

Honda memang terus berusaha menciptakan ruang ekstra untuk kepuasan penumpang. Salah satunya adalah meletakkan tangki bensin di tengah sasis, sehingga membuat kabin semakin lapang sekaligus menghasilkan stabilitas maksimal saat berkendara.

Saat dibalik kemudi New Honda Jazz, kami merasa tak ada sedikit pun halangan yang menutupi pandangan. Kembali lagi, ini karena kesan luas dan lapang yang didesain pada Honda New jazz. Ditambah, permukaan kaca depan New Honda Jazz yang mengimplementasikan teknologi Green Glass yang mampu menghalau sinar ultra violet yang masuk, menjadikan atmosfir di dalam kabin semakin sejuk dan nyaman.

Ketika memasuki jalan bebas hambatan, kami memang tak mendapati sensasi Formula-1 seperti yang ada di varian RS, yang mengandalkan perpindahan transmisi melalui paddle shift di lingkar kemudi. Namun, dengan New Jazz tipe S bertransmisi otomatis ini pun kami dapat merasakan performanya.

New Honda Jazz mengusung teknologi mesin 1.5 liter i-VTEC. Kapasitas mesin dipadu dengan teknologi yang dapat menghemat bahan bakar. Keseimbangan sempurna ini pun semakin lengkap dengan kadar emisi rendah EURO-4.

Paduan teknologi mesin i-VTEC dengan Drive By Wire, yakni sistem elektronik pengontrol buka tutup katup yang membuat laju kendaraan lebih halus. Ditambah dengan Torque Boost Resonator yang dapat meningkatkan torsi putaran bawah dan tenaga putaran atas. Dengan kombinasi teknologi ini, mesin New Honda Jazz mampu memberikan output maksimum 120 hp pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm.

Dimensi yang kompak sangat membantu kami saat melalui jalan-jalan kecil di bilangan Bintaro, untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Tanah Kusir. Dengan mulus, New Honda Jazz tipe S dapat melalui jalan yang hanya pas untuk dua mobil saja. Manuver pun semakin sempurna dengan fitur Electric Power Steering yang semakin canggih. Dan sudut belok roda depan yang diperbesar menjadi 4,7 meter, menghasilkan kesempurnaan kendali yang lincah dan halus.

Begitu pun saat melintasi jalan penuh lubang alias rusak! New Honda Jazz tetap stabil dan nyaman terkendali. Semua ini berkat aplikasi suspensi McPherson Strut untuk depan dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakang.

Dengan berbagai keunggulan yang menumpuk pada New Honda Jazz, sehingga tak menyadari jika kami sudah tiba di tempat tujuan. Kenyamanan dan kemewahan New Honda Jazz tipe S yang kami nikmati selama di perjalanan, membuat kami ingin terus merasakannya lebih lama lagi. Benar-benar "No Compromise".(kpl/tr/vin)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER