HOME » BERITA » MENILIK SEJARAH 20 TAHUN PERJALANAN YAMAHA MT SERIES

Menilik Sejarah 20 Tahun Perjalanan Yamaha MT Series

Peluncuran Yamaha MT-15 di Indonesia ternyata bertepatan dengan 20 tahun perjalanan Yamaha MT series di pasar motor dunia.

Senin, 18 Maret 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha MT-15 (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan MT-15 di salah satu hotel berbintang di Jakarta. Acara peluncurkan tersebut turut melibatkan pembalap MotoGP Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Momen peluncuran MT-15 yang merupakan pelengkap dari keluarga MT Series tersebut ternyata bertepatan dengan dua dekade perjalanan Yamaha MT dalam meramaikan pasar sepeda motor sport di berbagai belahan dunia.

MT-15 merupakan model paling baru yang dirilis dari keluarga MT Series yang lain di awal tahun 2019.

Yang menarik rupanya peluncuran MT-15 ternyata bertepatan dengan momen dua dekade perjalanan MT Series. Pada 20 tahun lalu, untuk pertama kalinua MT-01 concept model diperkenalkan pada ajang pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show tahun 1999. Boleh dibilang MT Series juga merupakan salah satu legenda baru Yamaha, seperti halnya YZF Series yang lahir lebih dulu.

Konsep MT-01 (1999)

Di periode 1999, lahirlah MT-01 Concept Model. Motor ini mengusung konsep "Kodo" atau Soul Beat. MT-01 concept dikembangkan dengan memperhatikan segala elemen kunci yang dibutuhkan dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan. Mulai dari irama dentuman mesin yang dihasilkan oleh kekuatan ledakan di ruang bakar, ritme bertenaga yang tercipta dari perubahan torsi, getaran suara yang timbul dari intake mesin dan knalpot, hingga detak jantung sang pengendara yang seluruhnya berkolaborasi dalam menghasilkan "Kodo".

MT-01 (2004)

Lima tahun berikutnya, Yamaha mewujudkan Konsep MT dengan melakukan produksi massal untuk pertama kalinya di MT Series. Debut perdananya adalah pada ajang INTERMOT di Munchen, Jerman.

Saat itu Yamaha mengangkat konsep "Soul Beat V-Twin Sport". MT-01 menyuguhkan mesin V-twin berkapasitas 1.670cc yang dipadukan dengan kerangka aluminium berbobot ringan dan sukses menghadirkan sensasi "Mega Torque" lantaran besarnya torsi yang dihasilkan oleh motor. MT sendiri adalah singkatan dari Master of Torque.

MT-09 (2014)

Sepuluh tahun kemudian atau tepatnya 2014, muncul generasi baru MT Series, yakni MT-09. Ia ditenagai mesin 3 silinder 846 cc in-line yang dikembangkan berdasarkan "Crossplane Concept" milik Yamaha yang memungkinkan motor menghasilkan tenaga lebih optimal.

Memainkan peran sebagai "Synchronized Performance Bike" dan "Master of Torque", kehadiran MT-09 ditujukan untuk menawarkan gaya berekendara yang lebih menyenangkan khususnya bagi masyarakat urban dalam mendukung mobilisasi sehari-hari.

MT-07 (2014)

Masih di tahun yang sama, Yama merilis sang adik, MT-07. Motor ini membawa konsep "Sports Passion Motorcycle with Smart Value. Yamaha MT-07 hadir dengan desain yang lebih stylish dan ramping serta mesin berkapasitas 689 cc in-line 2 silinder.

MT-09 Tracer (2015)

Setahun berikutnya, ada sedikit perubahan yakni dengan hadirnya MT-09 TRACER, sebuah model yang diklaim paling sporti, gesit dan nyaman yang dimiliki oleh keluarga MT. Pengembangannya didasarkan atas konsep "Sporty Multi-use Bike", sehingga memungkinkan motor tersebut dapat mendukung segala jenis gaya berkendara di berbagi kondisi.

Menggunakan paket mesin serta sasis yang dimiliki oleh MT-09 namun dengan sedikit sentuhan perubahan yang disesuaikan dengan nomenklaturnya sebagai motor multi-fungsi.

MT-03 & MT-25 (2015)

Masih di tahun 2015 mucnulah MT-03 dan MT-25. Kedua model tersebut dikembangkan dengan konsep "Street Cheetah", Kedua model ini menonjolkan sisi motor yang ringan dan lincah untuk area penggunaan di perkotaan.

Karakter yang dimiliki motor juga menawarkan kemudahan untuk penggunaan sehari-hari yang dikemas dengan gaya agresif. Yamaha membekali MT-03 dan MT-25 pada bagian dapur pacu dengan mesin DOHC in-line 2 silinder berkapasitas 321cc (MT-03) dan 250cc (MT-25).

MT-10 (2015)

Periode 2015 merupakan tahun dimana Yamaha lebih banyak menghadirkan MT Series. Di tahun itu pula MT-10 meluncur pada gelaran EICMA Show di Milan, Italia. Motor ini merupakan flagship dan penghuni top of pyramid dari keluarga MT series

MT-10 dipersenjatai mesin Crossplane Crankshaft berkapasitas 998cc yang ditempelkan pada rangka aluminium Delta Box. Motor ini punya torsi yang melimpah namun penggendara dapat dengan mudah mengkontrol sang "Monster".

Dari MT-10 pula-lah hadir versi serbaguna seperti MT-09 TRACER. Dengan berbagai atribut yang dimiliki oleh roadster unik dari Yamaha ini, maka sangatlah pantas jika MT-10 diberi label sebagai "The King of MT."

MT-15 (2018)

Setelah bermain pada mesin besar dan menengah, Yamaha kemudian mengeluarkan model MT yang berkapasitas mesin 150cc. Maka lahirlah MT-15, sebuah model paling gres dari keluarga MT series.

Versi terbarunya hadir pada awal tahun ini, yang langsung diperkenalkan oleh pebalap Yamaha MotoGP yaitu Valentino Rossi.

MT-15 terbaru memiliki tampilan desain lebih sangar dengan karakter agresif khas keluarga MT, terutama pada bagian wajah motor yang sudah mengadopsi teknologi Projector LED.

Bodi motor dibuat lebih padat dan berotot, namun tetap kompak sehingga memungkinkan motor bermanuver dengan lebih lincah. MT-15 telah dilengkapi pula dengan suspensi upside down dan mengondol mesin berkapasitas 155cc yang dilenngkapi dengan teknologi VVA.(nz)

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR