HOME » BERITA » TAK MAU KALAH, DAIHATSU GAET KONSUMEN LEWA TIKTOK

Tak Mau Kalah, Daihatsu Gaet Konsumen Lewa TikTok

Saat pandemi corona COVID-19 Daihatsu ikut demam TikTok. Apalikasi ini dipakai untuk mendekatkan Daihatsu dengan konsumennya.

Minggu, 28 Juni 2020 20:45 Editor : Nazarudin Ray
Tak Mau Kalah, Daihatsu Gaet Konsumen Lewa TikTok
Ilustrasi produk Daihatsu untuk kaum muda (Istimewa)

OTOSIA.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) punya strategi digital yang cukup unik. Yakni dengan membuat beberapa event di aplikasi TikTok.

Meski dalam stigma masyaraakat, TikTok merupakan aplikasi yang kurang berfaedah, namun Daihatsu Indonesia berani terjun di aplikasi yang diperkenalkan pada 2016 silam oleh Bytedance, salah satu raksasa teknologi di China.

TikTok yang di negara asalnya bernama Douyin ini merupakanaplikasimedia sosial yang memungkinkan penggunanya membuat dan berbagi klip video sepanjang 15 detik.

1 dari 2 Halaman

Menurut data, sejak 2018, Indonesia adalah salah satu pasar TikTok dengan pengguna aktif mencapai 10 juta. Dimana, mereka rata-rata menghabiskan waktu 29 menit per hari untuk menggunakannya.

Jika brand-brand otomotif lainnya belum memasuki TikTok, namun, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) justru tertarik terjun pada aplikasi ini sejak tahun 2020. Hal ini berdasarkan melihat aplikasi ini punya pengikut yang besar dibandingkan dengan aplikasi yang lain. 

"Daihatsu selalu melihati trend dan mengikuti yang terbaru. Kalau brand-brand lain belum memasuki aplikasi ini, Daihatsu mulai tahun 2020 sudah ikut aplikasi ini," terang Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.

2 dari 2 Halaman

Amelia sendiri mengaku bahwa Daihatsu sudah punya event-event di TikTok. Tujuannya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat Indonesia, sesuai dengan tagline Daihatsu Sahabatku.

Meski demikian, Amelia mengaku bahwa penggunaan TikTok ditujukan lebih ke arah aplikasi Daihatsu Sahabatku, bukan untuk jualan. "Kami lebih ingin jadikan digital ini sebagai suatu media, karena offline saat ini tidak bisa dilakukan, maka online yang menjadi sarana kami bersahabat dengan masyarakat Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya, Daihatsu pernah mendukung beberapa event-event besar seperti kejuaraan bulutangkis dan sebagainya. Dengan adanya pandemi COVID-19, semua itu tidak bisa dilakukan. Sebagai gantinya, ADM menggunakan aplikasi TikTok untuk mengangkat brand image Daihatsu di Tanah Air.

BERI KOMENTAR