HOME » BERITA » MENKO PMK GANTIKAN JULIARI BATUBARA, KENDARAAN MILIK MUHADJIR EFFENDY TERLALU SEDERHANA

Menko PMK Gantikan Juliari Batubara, Kendaraan Milik Muhadjir Effendy Terlalu Sederhana

Karir Muhadjir Effendy beberapa tahun terakhir cukup gemilang. Setelah menjadi Rektor UMM, kemudian diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, lalu Menko PMK, dan kini menggantikan tugas Juliari Batubara sebagai Menteri Sosial.

Senin, 07 Desember 2020 12:45 Editor : Dini Arining Tyas
Menko PMK Gantikan Juliari Batubara, Kendaraan Milik Muhadjir Effendy Terlalu Sederhana
Menko PMK Muhadjir Effendy (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Setelah tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) COVID-19, Juliari Batubara mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial. Posisi itu kini diisi oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Penunjukkan Muhadjir dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dan diumumkan pada Minggu (6/12/2020). "Untuk sementara saya akan tunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (6/12/2020) dikutip dari Liputan6.com.

Terlepas dari hal tersebut, sepak terjang Muhadjir terbilang cukup menarik. Setelah pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Muhadjir kemudian diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada era Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

1 dari 2 Halaman

Pada periode kedua era kepemimpinan Jokowi, Muhadjir pun ditunjuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Meskipun jabatannya mentereng, tapi Muhadjir terbilang tampil biasa saja, seperti kendaraan yang dia miliki misalnya.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dia laporkan pada 13 Januari 2020, Muhadjir melaporkan memiliki 5 kendaraan. Total dari 5 kendaraan itu hanya RP 242.750.000.

2 dari 2 Halaman

Kendaraan Muhadjir Effendy

Jika dilihat dari nominal total saja, uang itu mungkin cukup untuk membeli MPV sejuta umat. Tercantum dalam LHKPN yang dipublikasikan melalui laman elhkpn.kpk.go.id, kendaraan milik Muhadjir memang terbilang tua. Lalu apa saja mobilnya?

Ada Suzuki Escudo tahun 1900 yang dihargai Rp 45 juta. Kemudian ada Suzuki ST150 Futura tahun 2011 dan Suzuki Futura Carry tahun 2012 yang masing-masing memiliki nilai Rp 41,5 juta.

Selain itu juga ada Nissan Grand Livina tahun 2011 senilai RP 110 juta. Terakhir, sepeda motor Yamaha Mio tahun 2010 seharga Rp 4.750.000.

BERI KOMENTAR