HOME » BERITA » MENOLAK LUPA, KAWASAKI PUNYA MOTOR KECIL KSR PRO

Menolak Lupa, Kawasaki Punya Motor Kecil KSR PRO

Sampai saat ini, PT Kawasaki Motor Indonesia masih menjual motor kecil dengan tampilan trail, Kawasaki KSR PRO.

Selasa, 04 Desember 2018 17:15 Editor : Cornelius Candra
Kawasaki KSR PRO Final Edition Thailand (Overridemag.com)

OTOSIA.COM - Mini-moto atau motor berukuran kecil memang tak setenar segmen lainnya. Dengan kata lain, jenis ini memang diciptakan bagi penghobi kendaraan roda dua karena keunikannya dan tentu saja dimensinya yang jauh lebih kecil dibanding motor pada umumnya.

Salah satu penghuni segmen mini-moto di Indonesia adalah Kawasaki KSR PRO. Sekilas, desainnya memang mirip supermoto Kawasaki D-Tracker. Namun, motor ini hanya memiliki tinggi 1.020 mm, lebar 740 mm, dan panjang 1.725 mm. Jarak ke tanah dan sumbu rodanya masing-masing mencapai 225 mm dan 1.170 mm.

Untuk mendukung karakternya sebagai mini-moto, Kawasaki KSR PRO dibekali ban tubeless gambot berukuran 100/90-12 di depan dan belakang. Meski demikian, bagian depannya sudah dibekali suspensi upside-down, sementara bagian belakang ditopang monoshock swing-arm.

Dapur pacunya pun berkapasitas kecil, tak lebih besar dari Honda Vario, hanya 1-silinder SOHC 111 cc berpendingin udara. Mesin tegak tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,5 hp dengan torsi maksimum mencapai 8,6 Nm.

Meski tenaga dan dimensinnya cenderung kecil, sistem pengereman Kawasaki KSR PRO terbilang lebih dari cukup. Mini-moto ini dibekali rem cakram berdiameter 200 mm di depan dan belakang 184 mm. Keduanya merupakan produk keluaran Nissin. Kapasitas tangki bahan bakarnya pun mencapai 7,3 liter, lebih besar dari Kawasaki KLX 150 yang hanya 6,9 liter.

Berdasarkan situs resmi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Kawasaki KSR PRO saat ini ditawarkan dalam 2 pilihan warna, yaitu kuning dan hijau. Sementara itu, mini-moto asal Jepang tersebut dibanderol Rp29,4 jua (OTR Jadetabekser), cukup tinggi untuk motor bermesin 110 cc.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR