HOME » BERITA » MENPAR ARIEF YAHYA UNGKAP KUNCI KEBERHASILAN MEMENANGKAN PERSAINGAN

Menpar Arief Yahya Ungkap Kunci Keberhasilan Memenangkan Persaingan

Ini kunci memetik kesuksesan ala Arief Yahya!

Rabu, 31 Oktober 2018 07:18 Editor : zaki
(c) Stella Maris

OTOSIA.COM - Dalam dunia bisnis jaman sekarang, persaingan adalah hal yang tak terelakkan. Misalnya saja, untuk dunia otomotif, di mana kendaraan semakin diminati sebagai sarana transportasi keluarga masa kini. Setiap perusahaan pasti memiliki strategi untuk memenangkan hati konsumen dan yang terbaiklah yang akan muncul sebagai pemenang.

Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis masa kini semakin sulit dan keras. Makin banyak kompetitor yang menawarkan produk dan jasa serupa. Andaikan berbeda, pelaku bisnis masih tetap membutuhkan diferensiasi untuk menjaga kansnya memenangkan persaingan. Namun tetap saja, pelaku bisnis harus menemukan cara untuk menembus pintu kesuksesan.

Tak perlu mencari kunci kesuksesan sendiri karena setiap orang bisa menemuinya di banyak tempat. Salah satuny adalah ketika Menteri Pariwisata, Arief Yahya menjadi pembicara di IDEAFEST X The NextDev 2018, Sabtu (27/10). Berbincang kepada para peserta, Arief menyempatkan diri untuk membeberkan prestasi Indonesia di sektor pariwisata.

"Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat nomor sembilan di dunia, nomor tiga di Asia, dan nomor satu di Asean. Saya meyakini bangsa ini bisa menempati persaingan industri pariwisata," tutur Arief.

Ada maksud di balik fakta menggembirakan yang disampaikan Menpar Arief Yahya. Dirinya ingin mengajak audience untuk mengetahui bahwa ada andil kemajuan teknologi digital yang menyertai kesuksesan Indonesia di sektor pariwisata.

"Sekarang ini wisman dan wisnus banyak yang memanfaatkan digital. Sudah banyak perusahaan digital yang memiliki market besar," ungkapnya.

Dari keterangan yang disampaikan Arief Yahya, para pelaku ekonomi kreatif bisa menangkap potensi yang dimaksudkan oleh Menteri Pariwisata tersebut, yaitu menghasilkan produk di bidang digital dan teknologi, yang mendukung kelancaran berwisata. Selain itu, Menpar juga mengingatkan pelaku bisnis untuk selalu mengenali diri sendiri dan dunia luar dengan tujuan untuk mengatur strategi.

"Kenali dirimu maka kamu akan memenangi peperangan. Kalau bangun perusahaan (bisnis) harus bangun pesaing dan kita bisa belajar (kekuatan dan kelemahan) dari musuh," pungkas Arief.

(kpl/zk)

BERI KOMENTAR