HOME » BERITA » MENTERI ESDM TEGASKAN BBM PREMIUM MASIH DIJUAL TAHUN DEPAN

Menteri ESDM Tegaskan BBM Premium Masih Dijual Tahun Depan

Pemerintah tengah gencar mendorong masyarakat menggunakan Pertalite, karena lebih ramah lingkungan. Meski begitu ditegaskan bahwa Premium masih akan dijual pada 2021 nanti.

Sabtu, 28 November 2020 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Menteri ESDM Tegaskan BBM Premium Masih Dijual Tahun Depan
Pengisian bahan bakar (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Saat ini, pengguna kendaraan bermotor memang tengah didorong untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Sempat beredar bahwa jenis Premium akan dihapus mulai Januari 2021 nanti.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan pihaknya belum mengeluarkan pernaytaan apapun soal rencana penghapusan Premium.

"Sebenarnya kami tidak melakukan statement apa-apa juga di antara lingkungan kami juga tidak ada statement apa-apa, yang dilakukan oleh Pertamina mempromosikan Pertalite dengan harga Premium, ini beberapa daerah dan sambutannya cukup baik," jelas Menteri Arifin saat melakukan rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (23/11/2020).

1 dari 2 Halaman

Menteri Arifin melanjutkan, promosi gencar Pertalite ditujukan untuk mengurangi emisi gas karbon. Apalagi di dunia, Indonesia menjadi satu dari beberapa negara yang masih menggunakan BBM premium. Sisanya, sudah menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Terlepas dari itu, pihaknya menegaskan bahwa premium masih tetap dijual dan pemerintah masih menyediakan alokasinya untuk tahun depan. "Belum ada dari Kementerian ESDM, Pertamina, mungkin sumber-sumber lain yang dikutip media. Sementara ini seperti biasa, dan alokasi sendiri untuk tahun depan tetap akan kita penuhi," ujar Menteri Arifin.

2 dari 2 Halaman

Sebelumnya

Sebelumnya, beredar wacana bahwa BBM premium akan dihapus pada Januari 2021. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) MR Karliansyah.

Dalam diskusi virtual Jumat (13/11/2020) lalu, Karliansyah mengatakan per 1 Januari 2021, BBM premium di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) akan dihilangkan. Rencana ini sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON).

Penulis: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com/Merdeka.com

BERI KOMENTAR