HOME » BERITA » MENYIASATI PEMAKAIAN HELM YANG NYAMAN UNTUK BIKERS BERKACAMATA

Menyiasati Pemakaian Helm yang Nyaman untuk Bikers Berkacamata

Memilih helm untuk bikers berkacamata tidaklah mudah. Selain helm khusus, menggati frame kaca mata jadi solusi agar helm tetap nyaman digunakan.

Jum'at, 11 Desember 2020 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Menyiasati Pemakaian Helm yang Nyaman untuk Bikers Berkacamata
Ilustrasi memilih helm (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Helm merupakan perlengkapan wajib bagi pengendara motor. Fungsi helm sangat vital untuk melindungi kepala ketika terjadi insiden yang tidak diinginkan di jalan.

Saat ini banyak beradar desain dan motif helm di pasaran, baik half face maupun full face. Dari produk lokal hingga helm impor yang berharga jutaan.
Ketika memilih helm, tentu sangat dianjurkan memilih yang nyaman dan aman digunakan. Kenyamanan misalnya, adalah soal ukuran yang pas, tidak kekecilan atau kebesaran, sedangan keamanan helm memberikan perlindungan kepala maksimal.

1 dari 3 Halaman

Untuk kenyamanan saat dipakai, bikers yang mengunakan kaca mata, perlu memilih helm yang desain dalamnya tidak menimbulkan rasa sakit pada bagian telinga karena gagang kaca mata tertekan. Namun cukup sulit menemukan helm yang desainnya mengakomodir mereka yang berkaca mata.

?Buat bikers yang berkaca mata, sebaiknya pilih helm yang memang khusus. Sekarang sudah ada helm yang khusus diciptakan untuk pemotor yang menggunakan kaca mata dalam kesehariannya," ujar Antonius Rangga, pemilik RC Motogarage, gerai yang menjual perlengkapan bikers.

2 dari 3 Halaman

Saat ini beberapa produsen helm telah mendesain produknya untuk pemotor berkacamata. Kelebihannya adalah bentuk busa dengan rongga khusus, yang menempatkan kaca mata sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan konsentrasi.

Jika dipaksakan memilih helm yang tidak sesuai akan mengganggu kenyamanan, seperti lecet atau pegal dan sakit di bagian telinga. Imbasnya konsentrasi berkendara di jalan menjadi terganggu.

3 dari 3 Halaman

Jika tidak menemukan helm yang cocok dengan kaca mata yang digunakan. Bikers dapat mengakalinya dengan merubah desain kaca matanya.

?Solusi lain, bisa mengganti frame atau batang kaca mata, yang tidak memberikan efek tekanan di kepala saat memakai helm. Jadi saran saya, pilih frame helm yang nyaman digunakan di dalam helm," imbuhnya.

BERI KOMENTAR