HOME » BERITA » MERCEDES-BENZ INDONESIA KOMENTARI WACANA PAJAK MOBIL 0 PERSEN

Mercedes-Benz Indonesia Komentari Wacana Pajak Mobil 0 Persen

Mercedes-Benz Indonesia menyambut baik wacana pajak mobil 0 persen yang akan diberlakukan.

Selasa, 29 September 2020 10:15 Editor : Cornelius Candra
Mercedes-Benz Indonesia Komentari Wacana Pajak Mobil 0 Persen
Mercedes-Benz B200 (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Pandemi COVID-19 rupanya berdampak besar bagi industri otomotif di Indonesia. Pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terlihat jelas bahwa penjualan mobil mengalami penurunan yang signifikan.

Di tengah lemahnya industri otomotif saat ini, muncul wacana pajak mobil 0 persen. Tujuannya ialah untuk kembali meningkatkan daya beli masyarakat dan kembali menghidupkan perekonomian di sektor tersebut.

Rupanya, Mercedes-Benz Indonesia turut menyambut baik wacana ini. Pabrikan asal Jerman itu menyebut bahwa setiap unit kendaraan yang terjual bisa memberi dampak positif bagi banyak orang.

1 dari 1 Halaman

"Memang pajak mobil 0 persen akan memberi efek yang sangat besar terhadap ekonomi secara keseluruhan. Karena kalau kita bicara industri otomotif, itu banyak sekali infustri turunannya. Jadi otomatis kalau pasar bergerak kembali, ke bawah harapannya juga ikut bergerak," terang Deputy Director, Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto.

"Tapi ada beberapa poin yang ingin kami sampaikan. Sejalan dengan asosiasi, pertama ini bukan merupakan permintaan bantuan dalam bentuk dana, tapi relaksasi pajak. Dan ini sifatnya sementara sampai nanti volume bisa kembali pulih. Bisa jadi pengurangan pajak ini terkompensasi dengan naiknya volume secara keseluruhan," tambah Kari.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa skenario terkait wacana pajak mobil 0 persen. Rencananya, relaksasi tersebut akan berlangsung selama 3 bulan dan hanya berlaku untuk kendaraan yang diproduksi di Indonesia.

BERI KOMENTAR