HOME » BERITA » MESIN JIMNY-ERTIGA SETIPE, BISA TUKAR PASANG ONDERDIL?

Mesin Jimny-Ertiga Setipe, Bisa Tukar Pasang Onderdil?

Suzuki Jimny menggunakan mesin K15B layaknya Suzuki Ertiga. Lantas, apa onderdil Suzuki Jimny bisa dipakai di Suzuki Ertiga dan sebaliknya?

Selasa, 23 Juli 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Mesin Jimny-Ertiga Setipe, Bisa Tukar Pasang Onderdil?
Suzuki Jimny (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Mesin Jimny dan Ertiga dipastikan punya kode yang sama. Kabar ini dipertegas oleh Suzuki sendiri sebagai induk dari dua tipe mobil tersebut di tengah peluncuran Suzuki Jimny generasi IV dalam ajang GIIAS 2019.

Keduanya menyandang mesin berkode K15B dan kalau ditarik lebih jauh pun sama-sama dipakai juga di Suzuki Carry. Info ini tentu jadi menarik karena muncul anggapan bahwa mesin Jimny dan Ertiga artinya bisa copot pasang tukar onderdil.

Namun, langkah ini diwanti-wanti oleh pihak Suzuki. Imam Suyudi selaku Head of 4W Services PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan bahwa keduanya punya perbedaan yang bersifat penting.

1 dari 1 Halaman

Beda Final Gear

Mesin Jimny-Ertiga Setipe, Bisa Tukar Pasang Onderdil?Beda Final Gear

"Apakah kemudian mesinnya bisa disubstitusi antara Jimny dan Ertiga, jawabannya tidak bisa karena gear ratio-nya berbeda," kata dia.

Perbedaannya menurut Imam terletak di gigi ke-4 dan final gear atau untuk gardan. Sementara itu, gear untuk mundur menurutnya sama. Namun, ada satu bagian vital lainnya.

"Karena ada tambahan rem x cross kedudukan dari transmisi bisa jadi berbeda. Jadi tidak bisa plek sama. Kalau dari servis, bisa lihat kode pabrik. Kalau dari urusan servis, kami belum dapat datanya," kata dia.

BERI KOMENTAR