HOME » BERITA » MESIN JIMNY SATU TIPE SAMA ERTIGA, SUZUKI BERI PENJELASAN

Mesin Jimny Satu Tipe Sama Ertiga, Suzuki Beri Penjelasan

Pihak Suzuki sendiri mengakui bahwa Jimny dan Ertiga memakai mesin dengan tipe yang sama

Selasa, 23 Juli 2019 10:45 Editor : Ahmad Muzaki
Mesin Jimny Satu Tipe Sama Ertiga, Suzuki Beri Penjelasan
Suzuki Jimny (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Jimny next gen jadi perhatian khalayak setelah meluncur resmi di GIIAS 2019. Menariknya, mesin yang dipakai satu kode dengan Ertiga bahkan Carry.

Lucunya, mesin Jimny bahkan lebih kecil secara power dan torsi. Data tersebut bisa dilihat dari perbandingan spesifikasi mesin.

Pihak Suzuki sendiri mengakui bahwa Jimny dan Ertiga memakai mesin dengan tipe yang sama. Begitu juga untuk power dan torsi yang terkesan drop. Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT Suzuki Indomobil Sales, pun memberikan penjelasan

"Kita masih pakai mesin dengan seri yang sama K15B. Kok power dan torsinya berbeda? Ertiga 104,7 HP di 6.000 RPM dengan torsi 138 Nm pada 4.400 RPM, sementara Jimny 102 HP di 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4000 RPM. Sebenarnya agak teknis detail dan soal mengapanya," kata Yulius.

1 dari 1 Halaman

Alasan Power Mesin Menurun

Mesin Jimny Satu Tipe Sama Ertiga, Suzuki Beri PenjelasanAlasan Power Mesin Menurun

Dia memaparkan bahwa "penurunan" power dan torsi dilakukan karena Jimny menggunakan sistem gerak 4x4. Lebih jelas lagi, kedua mobil punya peruntukan medan jalan yang berbeda.

"Ini berhubungan sama jenis transmisi, Jimny 4x4. Jadi dari enginering kami membuat bagaimana yang paling optimal. Jadi Ertiga dibuat optiimal sebagai passenger car, sementara Jimny dibuat optimal sebagai mobil 4x4 atau dengan tujuan offroad sehingga keluarnya disetting dengan kondisi seperti ini," urainya.

Power besar bukan jadi acuan dalam pengembangan Jimny. Menurut Yulius, penetapan power dan torsi sudah disesuaikan dengan kebutuhannya.

"Jadi bukan berarti power lebih besar maka optimal. Apakah mobil offroad powernya lebih besar, mungkin di mobil lain bisa, tetapi ini kami adjusting disesuaikan dengan kebutuhannya".

BERI KOMENTAR