HOME » BERITA » MESIN MOBIL MODERN TAK PERLU DIPANASKAN, AMANKAH?

Mesin Mobil Modern Tak Perlu Dipanaskan, Amankah?

Kamis, 07 Februari 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi menyalakan mesin mobil (The Mirror)

OTOSIA.COM - Memanaskan kendaraan seperti sudah menjadi kebiasaan. Baik itu sepeda motor ataupun mobil.

Bahkan ada yang sengaja memanaskan dan harus menunggu indikator suhu msin breada di tangah antara 'C' dan 'H'. Ada juga anggapan untuk kendaraan di daerah bersuhu rendah alias dingin, agar dipanaskan terlebih dahulu supaya mesin siap dipakai berkegiatan.

Lalu, masih berlakukah aktivitas memanaskan mesin mobil untuk mobil masa kini?

Melansir laman Suzuki Indonesia, mobil-mobil saat ini mayoritas sudah didesain canggih, sehingga bisa langsung menyesuaikan walaupun dibawa ke tempat bersuhu dingin sekalipun.

Mesin-mesin mobil yang sudah mengusung fuel injection, ECU-nya disebut sudah bisa dengan mudah menyesuaikan walaupun sedang berada di tempat dengan suhu di bawah 0 derajat celcius.

Perlu diketahui, oli mesin akan menyusut secara jumlah (volume) jika mesin berada pada suhu yang dingin. Tapi dengan catatan mobil didiamkan dalam waktu yang lama.

Sedangkan jika mobil dipakai untuk kegiatan sehari-hari, tidak perlu memanaskannya. Sebab hal itu bisa berisiko membuat bensin merembes ke oli sehingga sifat pelumasi minyak menjadi rusak dan berisiko meningkatkan keausan pada mobil.

 

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR