HOME » BERITA » MESIN ROTARI LEGENDARIS MAZDA TAMPAKNYA TAK AKAN HIDUP LAGI

Mesin Rotari Legendaris Mazda Tampaknya Tak Akan Hidup Lagi

Kabar terbaru dari mobil sport Mazda disebut-sebut tak mengusung mesin rotari, melainkan 6-silinder inline.

Selasa, 04 Februari 2020 15:45 Editor : Cornelius Candra
Mesin Rotari Legendaris Mazda Tampaknya Tak Akan Hidup Lagi
Mazda RX-Vision Concept (Evo.co.uk)

OTOSIA.COM - Pada pertengahan 2019 lalu sempat beredar isu bahwa Mazda akan kembali bermain di segmen sports car. Nama yang pertama muncul ialah penerus Mazda RX-7 dan Mazda RX-8, yaitu Mazda RX-9.

Rumornya, Mazda RX-9 ini akan dibekali generasi baru dari konfigurasi mesin rotari legendaris mereka. Hal itu diungkapkan langsung oleh Research and Development Chief Mazda, Kiyoshi Fujiwara.

1 dari 2 Halaman

Mazda RX-8

"Kami mengembangkan mesin rotary untuk mobil sport. Teknologi ini berjalan dengan baik, tetapi kami harus menambahkan berbagai fitur ke dalamnya, seperti pengendaraan otonom dan elektrifikasi," ujar Fujiwara.

Namun, mengutip dari Jalopnik, tampaknya mesin rotari Mazda tak akan berlanjut pada Mazda RX-9. Pasalnya, mobil sport ini nantinya menggunakan mesin SkyActiv-R dengan konfigurasi 6-silinder inline turbocharger.

2 dari 2 Halaman

Paten mesin rotari baru Mazda

Kemungkinan, dapur pacu tersebut juga akan dikawinkan dengan sistem mild-hybrid atau bahkan plug-in hybrid. Perpaduan ini jelas membuatnya mampu bersaing dengan Toyota Supra dan BMW Z4.

Hanya saja, masih ada kemungkinan bangkitnya mesin rotari Mazda. Pasalnya, pabrikan asal Jepang itu telah mematenkan generasi terbaru dari dapur pacu tersebut, bahkan juga dilengkapi dengan turbocharger agar lebih efisien dan bertenaga.

BERI KOMENTAR