HOME » BERITA » MESKI 35 TAHUN TERONGGOK, MOBIL KLASIK INI LAKU TERJUAL RP9 MILIARAN

Meski 35 Tahun Teronggok, Mobil Klasik Ini Laku Terjual Rp9 Miliaran

Minggu, 03 Februari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Alfa Romeo Giulietta SZ (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Bagi pecinta mobil klasik asal Eropa mungkin mobil ini tidak asing, Alfa Romeo Giulietta SZ. Mobil yang hanya dibuat sebanyak 217 unit ini diproduksi dalam rentan waktu 1957 hingga 1962.

Kini dapat dikatakan mobil klasik tersebut merupakan barang langka yang sangat dicari oleh para kolektor.

Dilansir dari Carscoops, di tengah kelangkaannya itu, sebuah Alfa Romeo Giuletta SZ ditemukan terparkir dengan kondisi penuh debu pada sebuah basement di kota Turin, Italia.

Usut punya usut, mobil cantik ini telah terparkir di ruangan basement tersebut sejak 35 tahun yang lalu. Dulunya mobil ini adalah milik seorang mekanik yang tidak dapat mengeluarkannya dari basement karena lift yang rusak.

Berhubung sang pemilik telah lama meninggal, kini mobil tersebut diserahkan oleh pemerintah Italia kepada pelelangan pada 31 Januari lalu. Selanjutnya, mobil ini dilelang dan terjual dengan harga EUR567.000, sekitar Rp9 miliaran (Kurs EUR1 = Rp15.971).

Giulietta SZ (Sprint Zagato) merupakan varian high-performance dari Alfa Romeo. Mobil ini menampilkan lekukan bodi berbahan aluminium yang berdesain khas dan memiliki sasis lebih pendek dibandingkan dengan Giulietta Spider.

Mobil ini dibekali mesin 4-silinder berkapasitas 1,3 liter. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga yang terbilang kecil, hanya 100 hp. Meski demikian, dengan bobot yang ringan, 785 kg, Giulietta SZ mampu melesat hingga 200 km/jam.

Karena memiliki spesifikasi tersebut, sudah tidak heran jika dahulu Giulietta SZ cukup banyak ambil bagian dalam beberapa ajang balap dunia seperti Le Mans 24 Jam, Targa Florio, dan Nurburgring.

Reporter : Muhammad Ikbal

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR