HOME » BERITA » MESKI BELUM KADALUARSA, TERLALU LAMA DI GUDANG MALAH BIKIN BAN RUSAK

Meski Belum Kadaluarsa, Terlalu Lama di Gudang Malah Bikin Ban Rusak

Ada anggapan bahwa kode produksi yang tertera pada ban mobil adalah tanda layak tidaknya pemakaian ban. Tapi faktanya hal itu tak berhubungan, selama kondisi fisiknya baik telapak atau dinding ban masih bagus.

Jum'at, 15 Februari 2019 09:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi kondisi ban (pakwheels.com)

OTOSIA.COM - Ada anggapan bahwa kode produksi yang tertera pada ban mobil adalah tanda layak tidaknya pemakaian ban. Tapi faktanya hal itu tak berhubungan, selama kondisi fisiknya baik telapak atau dinding ban masih bagus.

Menurut Auto2000, soal kelayakan pakai ban karena kerusakan justru ada pada ban yang dijual. Sebab, walaupun tak memiliki kadaluarsa, terlalu lama disimpan di gudang, membuat ban bisa mengalami kerusakan.

Faktornya beragam, mulai dari kurangnya perawatan, proses penyimpanan yang tak layak, hingga penanganan ban yang tak sesuai dengan prosedur. Sehingga ban mengalami perubahan bentuk atau bahkan rusak.

Kerap kali, kerusakan yang timbul tak terlihat mata dan baru menjadi masalah saat dipakai. Hal itu jelas merugikan bagi konsumen.

Maka untuk lebih aman, ada baiknya untuk membeli ban dengan yang kode produksinya masih kecil atau di tahun yang sama dengan pembelian. Paling maksimal sudah 2 tahun dari kode produksi.

Asumsinya adalah penggunaan ban normal memakan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun. Artinya, ban juga masih dalam masa garansi produsen.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR