HOME » BERITA » MESKI DIBEKALI DUAL AIRBAG, HASIL UJI TABRAK SUZUKI SWIFT PAS-PASAN

Meski Dibekali Dual Airbag, Hasil Uji Tabrak Suzuki Swift Pas-Pasan

Tak seperti Maruti Suzuki Vitara Brezza yang mendapatkan rating 3-bintang, Suzuki Swift India hanya mendapatkan rating 2-bintang.

Selasa, 09 Oktober 2018 15:45 Editor : Dini Arining Tyas
Proses uji tabrak Global NCAP Suzuki Swift India (Global NCAP)

OTOSIA.COM - Seperti mobil-mobil baru pada umumnya, generasi terbaru Maruti Suzuki Swift di India juga diuji tabrak untuk memastikan kemanan dan keselamatannya bagi penumpang. Hanya saja, nampaknya hasil uji tabrak Swift tak terlalu memuaskan.

Berdasarkan hasil uji tabrak Global NCAP (New Car Assessment Programme), Swift hanya mendapatkan rating 2-bintang. Baik untuk kategori Addult Occupants Protection (AOP), maupun Child Occupant Protection (COP).

Hasil 2-bintang untuk penumpang dewasa karena kompresi tinggi ke dada pengemudi, struktur tidak stabil, dan perlindungan yang buruk untuk kaki. Hal tersebut terlihat pada perpindahan pedal pada sisi pengemudi.

Sementara perlindungan penumpang anak-anak juga mendapatkan rating 2-bintang, karena perlindungan yang rendah saat uji tabrak menggunakan boneka berukuran usia 18 bulan dengan posisi menghadap depan. Hasil serupa juga didapatkan dengan menggunakan boneka berukuran usia 3 tahun yang tak mendapatkan perlindungan yang baik pada bagian dada.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang diuji tabrak Global NCAP 2014 lalu, Swift yang baru telah dilengkap dual airbag sebagai standar. Namun jika dibandingkan dengan yang dipasarkan di Eropa, kinerja versi India lebih buruk.

Pada uji tabrak frontal, fitur keamanan kurang. Seperti side body dan curtain airbags, serta Electronic Stability Control (ESC) yang menjadi standar di Eropa. Bahkan, fitur ini bukan menjadi pilihan di India.

"Generasi terakhir Swift yang dijual di India sudah lebih baik, dengan adanya dual airbag sebagai standar. Hal ini adalah efek dari peraturan uji tabrak baru dari Pemerintah India. Namun, kinerja Swift yang dijual di Eropa dan Jepang menunjukkan bahwa kinerja keselamatannya lebih baik. Sehingga Global NCAP ingin melihat Maruti Suzuki lebih baik," ujar Sekretaris jenderal Global NCAP, David Ward, seperti dikutip dari Global NCAP.

Tapi, menilik uji tabrak mobil Suzuki sebelumnya, Vitara Brezza mampu mendapatkan rating 3-bintang. Diharapkan mobil-mobi Suzuki lainnya juga bisa seperti Vitara Brezza, bahkan lebih.

"Maruti Suzuki membuktikan dengan Brezza bahwa mereka bisa memroduksi model lokal dengan kinerja keselamatan tinggi. Mereka harus melakukan hal yang sama pada Swift dan setidaknya membuatnya memiliki fitur yang menjadi standar di Eropa dan Jepang," papar Direktur Teknisi Global NCAP, Alejandro Furas.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR