HOME » BERITA » MESKI HARGANYA MAHAL, PAKAI BAHAN BAKAR BERKUALITAS TINGGI JUSTRU BISA IRIT

Meski Harganya Mahal, Pakai Bahan Bakar Berkualitas Tinggi Justru Bisa Irit

Harga BBM berkualitas memang terbilang lebih tinggi ketimbang yang biasa, termasuk Pertamina Dex ataupun Dexlite. Tapi, pemilik kendaraan sebenarnya bisa lebih irit baik konsumsi BBM maupun pengeluarannya, jika menggunakan BBM berkualitas tinggi.

Rabu, 23 Oktober 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Meski Harganya Mahal, Pakai Bahan Bakar Berkualitas Tinggi Justru Bisa Irit
SPBU (ilustrasi/Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi sebenarnya sudah lama dianjurkan. Selain bisa membuat mesin tetap memiliki performa baik, konsumsi bahan bakar pun bisa irit.

Termasuk untuk mobil bermesin diesel yang dianjurkan menggunakan Dexlite atau pertamina Dex. Apalagi mobil keluaran terbaru dibekali sepesifikasi mesin yang harus memakai BBM berkualitas tinggi.

"Sejak tahun 2016, ada anjuran dari pabrik mobil untuk menggunakan BBM berkualitas. Jadi kebanyakan pasti menggunakan Pertamina Dex atau minimal Dexlite," kata Ketua Umum Pajero Indonesia One (PI1), Wahyu Hariadi dikutip Antara, Jakarta, Selasa (22/10/2019) dikutip dari Merdeka.com.

Konsumsi bahan bakar pun lebih efisien. Apalagi jika penggunaan hanya dalam kota, Wahyu mengatakan hal itu bisa menghemat pengeluaran. Dia mencontohkan, sekali pengisian menggunakan Pertamina Dex untuk perjalanan dalam kota, dirinya bisa memakai kendaraan selama 4-5 hari. Sedangkan jika memakai bahan bakar yang lebih rendah, mobilnya hnya bisa dipakai selama 3 hari.

"Jadi, harga Pertamina Dex memang relative lebih tinggi. Tetapi overall, efisiensi kendaraan jadi lebih bagus. Mobil jadi lebih ekonomis," ujarnya.

1 dari 1 Halaman

Pengaruhi Performa

Meski Harganya Mahal, Pakai Bahan Bakar Berkualitas Tinggi Justru Bisa IritPengaruhi Performa

Hal senada diungkapkan Ketua Chapter Palembang Innova Community Adrian Perdana Putra, bahwa sesuai anjuran industri otomotif, memang terdapat perbedaan performa Innova bermesin diesel, antara yang memakai solar subsidi dan solar berkualitas, minimal Dexlite.

Jika menggunakan solar kualitas rendah, misalnya, maka terdapat jeda yang cukup lama antara penginjakan pedal gas dan majunya kendaraan. Sebaliknya, gangguan semacam itu tidak akan terjadi pada mesin yang menggunakan solar berkualitas.

Adrian juga menyebutkan bahwa suara kendaraan juga akan lebih halus dan stabil jika menggunakan bahan bakar berkualitas. Selain itu, bahan bakar berkualitas disebut lebih ramah lingkungan. Asap pembuangan tidak terlalu pekat jika menggunakan bahan bakar berkualitas.

Sementara terkait nilai ekonomis solar berkualitas, menurut dia, solar berkualitas juga lebih hemat. "Dengan menggunakan Dexlite, rata-rata bisa menghemat hingga 1-2 km dibandingkan menggunakan Biosolar," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR