HOME » BERITA » MESKI KEMBAR, RISET AVANZA DAN XENIA DILAKUKAN SECARA TERPISAH

Meski Kembar, Riset Avanza dan Xenia Dilakukan Secara Terpisah

Jum'at, 04 Januari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Toyota Avanza 2019 (Instagram.com/hilmidayatoyota) diambil pada 3/1/2019 pukul 11.30 wib

OTOSIA.COM - Selama beberapa hari terakhir ramai bocoran wujud asli dari Avanza 2019 terbaru dan juga Daihatsu Xenia facelift. Kedua mobil MPV tersebut kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat.

Berdasarkan gambar dan foto yang beredar, Toyota Avanza facelift dan kembarannya, Daihatsu Xenia memiliki ubahan di bagian wajah, mulai dari bumper, grill, dan lampu utama serta foglamp yang sudah menggunakan LED. Sedangkan untuk buritan juga mengalami penyegaran di sisi bumper dan lampu rem.

Dijelaskan Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), meskipun merupakan model kembar, layaknya Toyota Rush dan Daihatsu Terios serta Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, namun dua pabrikan asal Jepang ini tidak mengembangkan model tersebut bersamaan.

"Tidak, hasil riset berbeda. Tapi, kolaborasi ini menghasilkan basic unit yang sama (model standar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia)," jelas pria yang akrab disapa Soerjo saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Jumat (4/1/2018).

Lanjut Soerjo, Toyota dan Daihatsu melakukan riset dilakukan masing-masing. Pasalnya, pengembangan jangkauan konsumen dari dua pabrikan tersebut berbeda-beda.

Ia pun menjelaskan bahwa Daihatsu tidak ikut serta dalam mengonsep Veloz. Begitu pula Toyota yang tak ikut campur dalam pengembangan mesin 1.00cc Daihatsu lantaran mereka tidak bermain di segmen tersebut.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR