HOME » BERITA » MESKI SUDAH DICOBA, PERTAMINA MENGAKU BUTUH UPGRADE PENYALURAN B30

Meski Sudah Dicoba, Pertamina Mengaku Butuh Upgrade Penyaluran B30

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mulai pengetesan Bahan Bakar B30 di kantor ESDM di Jakarta

Selasa, 18 Juni 2019 21:45 Editor : Ahmad Muzaki
Meski Sudah Dicoba, Pertamina Mengaku Butuh Upgrade Penyaluran B30
Ilustrasi SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mulai pengetesan Bahan Bakar B30 di kantor ESDM di Jakarta. Bahan bakar yang merupakan campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar diuji cobakan ke-3 unit truk dan 8 unit kendaraan penumpang berbahan bakar B30.

Kendaraan yang meminum B30 tersebut masing-masing akan menempuh jarak 40 ribu dan 50 ribu kilometer. Uji jalan tersebut berlangsung selama 149 hari dengan jarak tempuh 40.000 KM. Rute uji jalan ini meliputi Lembang, Karawang, Ciplai, Subang dan kembali lagi ke Lembang.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah, infrastruktur Pertamina telah sanggup untuk melayani penyaluran B20 ke masyarakat namun untuk penyaluran B30 masih dibutuhkan beberapa upgrading.

€œSaat ini kami memiliki 111 Terminal BBM yang siap untuk mendistribusikan B20, sedangkan titik pencampuran FAME dilaksanakan di 29 titik pencampuran yaitu 26 TBBM dan 3 kilang,€ jelas Fajriyah.

1 dari 1 Halaman

Didukung Pelumas Khusus

Meski Sudah Dicoba, Pertamina Mengaku Butuh Upgrade Penyaluran B30Didukung Pelumas Khusus

Fajriyah menambahkan, realisasi penyaluran B20 pada tahun 2018 sebesar 16 juta KL serta realisasi penyerapan FAME pada tahun 2018 sebesar 3,2 juta KL. Dukungan penuh Pertamina terhadap program biodiesel semakin lengkap melalui pelumas terbaru untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel, Meditran SX Bio.

Produk ini di desain untuk bekerja dengan Bio Diesel dari B5 hingga B50 dan diperuntukan bagi mesin diesel tugas berat (Heavy Duty Diesel Engine).

??Pertamina juga menyiapkan produk pelumas khusus untuk kendaraan yang menggunakan biodiesel (B5 ?? B50), yaitu Meditran SX Bio 15W-40,? tutup Fajriyah.

BERI KOMENTAR